Konsep Pembinaan Akhlak di TK-TPA Al-Manar dalam Pandangan Bimbingan Konseling Islam di Kelurahan Arateng Kabupaten Sidenreng Rappang

Syamsiah, Syamsiah (2019) Konsep Pembinaan Akhlak di TK-TPA Al-Manar dalam Pandangan Bimbingan Konseling Islam di Kelurahan Arateng Kabupaten Sidenreng Rappang. Undergraduate thesis, IAIN Parepare.

[img]
Preview
Text (Full text)
14.3200.003.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (10MB) | Preview

Abstract

Anak-anak pada dasarnya memiliki sikap dan perilaku yang tidak terarah atau tidak menentu maka dari itu mereka perlu pembinaan akhlak untuk mengarahkan perilaku mereka yang tidak baik menjadi lebih baik dan terarah. Islam mengajarkan bahwa dalam pembinaan akhlak adalah jiwa dari pendidikan Islam. Para filsuf Islam merasa betapa pentingnya pendidikan anak-anak terutama dalam membina akhlaknya. Mereka sependapat bahwa pembinaan akhlak anak-anak sejak dari kecil harus mendapat perhatian, agar si anak nantinya tidak terjerumus ke arah yang menyesatkan perbuatan mereka.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana konsep pembinaan akhlak di TK-TPA Al-Manar kelurahan Arateng kabupaten Sidenreng Rappang dalam pandangan bimbingan konseling Islam dan mengetahui bagaimana penerapan konsep pembinaan akhlak di TK-TPA Al-Manar kelurahan Arateng kabupaten Sidenreng Rappang dalam pandangan bimbingan konseling Islam. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif dan dalam mengumpulkan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan verifikasi.

Hasil penelitian ini, menunjukkan bahwa konsep pembinaan akhlak yang digunakan di TPA Al-Manar yaitu (1) Mampu menulis dan memahami cara membaca Al-Qur’an dengan baik dan benar; (2) Memahami baca-bacaan sholat dan mengetahui gerakan-gerakan sholat; (3) Menghafal surah-surah pendek dan doa sehari-hari; (4) Mampu memahami perilaku akhlak yang baik dan buruk. Adapun konsep pembinaan akhlak selain dari itu untuk menyempurnakan pengajaran akhlak para santri yaitu mengenai akhlak terhadap keluarga dan akhlak dalam berperilaku sosial. Sedangkan penerapannya yaitu melalui beberapa metode diantaranya: Pertama, Penerapan konsep pembinaan akhlak dengan menggunakan metode komunikasi langsung yang didalamnya terdapat metode individual dan metode kelompok; Kedua dengan metode interaksi (Praktek); dan Ketiga dengan metode melalui keteladanan dan nasehat. Dari konsep dan penerapan tersebut pembinaan akhlak di TPA Al-Manar berhasil mengubah akhlak anak-anak TPA. Dalam pandangan bimbingan konseling Islam mengenai pembinaan akhlak anak TPA yaitu anak yang mengalami masalah kesulitan dalam belajar dan memahami ilmu agama itu perlu mendapat perhatian atau bimbingan khusus dan yang sudah lumayan bagus hanya perlu dikembangkan dan dibiasakan akhlak baiknya. Adapun strategi TPA Al-Manar yaitu mengembangkan dan menanamkan pembinaan akhlak yang baik pada setiap anak dengan konsep pembinaan akhlak.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pembinaan Akhlak, Bimbingan, Konseling Islam
Divisions: Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Program Studi Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: Subhan Saleh
Date Deposited: 14 Oct 2019 00:45
Last Modified: 14 Oct 2019 00:45
URI: http://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/819

Actions (login required)

View Item View Item