Peran Pembimbing Agama terhadap Pembinaan Akhlak Anak di Panti Asuhan Al-Amin Kecematan Ujung Kota Parepare

Nirwana, Nirwana (2019) Peran Pembimbing Agama terhadap Pembinaan Akhlak Anak di Panti Asuhan Al-Amin Kecematan Ujung Kota Parepare. Undergraduate thesis, IAIN Parepare.

[img]
Preview
Text (Full text)
14.3200.017.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (9MB) | Preview

Abstract

Akhlak adalah sifat yang tertanam dalam jiwa manusia, sehingga ia akan muncul secara langsung (spontanitas) jika diperlukan, tanpa memerlukan pemikiran atau pertimbangan lebih dulu, serta tidak memerlukan dorongan dari luar. bisa dikatakan bahwa akhlak itu bersumber dari dalam hati kita atau dari kebiasaan- kebiasaan kita. Bahkan saat kita berinteraksi dengan sesama biasanya kita tidak sadar akan sesuatu yang kita perbuat, baik itu perbuatan yang baik (akhlak baik) bahkan perbuatan yang tercela (akhlak buruk). Dalam membimbng suatu anak apalagi dalam jumlah banyak seperti yang ada di Panti Asuhan memang dikatakan susah bukan cuma karena jumlah yang banyak tetapi juga karakter atau sifat bahkan akhlak yang dimiliki anak-anak yang berada di Panti Asuhan itu berbeda-beda. Dilihat dari kehidupan anak yang berada di Panti Asuhan banyak yang memiliki akhlak yang buruk mungkin dikarenakan kurangnya perhatian pembimbing agama terhadap anak tersebut.

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan desain deskriptif, yaitu prosedur penelitian yang menghasilkan data deskriptif berupa kata- kata tertulis atau lisan dari orang-orang dan perilaku yang dapat diamati. Informasi dalam penelitian ini terdiri dari tiga orang pembimbing agama dan tiga orang anak panti asuhan.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran pembimbing agama terhadap pembinaan akhlak anak jelas memiliki peran karena pembimbing agama di panti asuhan al-amin memang sangat tegas kepada anak panti.mengenai pembinaan akhlak dengan cara menjelaskan keuntungan yang memiliki akhlak yang baik dan menegur jika mereka berakhlak buruk dan mencotohkan mana akhlak yang baik dan mana ahlak buruk. Selanjutnya materi dalam pembinaan akhlak yaitu berperilaku yang baik, membaca al-qur’an beribadah dan ceramah. Kemudian hasil pembimbing agama terhadap pembinaan akhlak anak jelas memiliki hasil yang baik karena setelah diberikannya pembinaan mengenai akhlak, yang tadinya saat mereka keluar lingkungan panti mereka tidak memakai jilbab buat kaum perempuan tapi setelah diberikan pembinaan akhlak mengenai cara berpakaian yang rapi sesuai ajaran islam maka saat mereka ini keluar dari lingkungan panti mereka sudah memakai jilbab.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: pembimbing agama, akhlak, anak panti
Divisions: Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Program Studi Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: Subhan Saleh
Date Deposited: 14 Oct 2019 00:35
Last Modified: 14 Oct 2019 00:35
URI: http://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/818

Actions (login required)

View Item View Item