Efektivitas Latihan Kader Da’i dalam Meningkatkan Kualitas Kader LDM Al-Madani IAIN Parepare

Sriyana, Sriyana (2019) Efektivitas Latihan Kader Da’i dalam Meningkatkan Kualitas Kader LDM Al-Madani IAIN Parepare. Undergraduate thesis, IAIN Parepare.

[img]
Preview
Text (Full text)
15.3300.013.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (6MB) | Preview

Abstract

Latihan Kader Da’i merupakan kegiatan yang diadakan oleh Lembaga Dakwah Mahasiswa (LDM) Al-Madani IAIN Parepare untuk meningkatkan kualitas kadernya terutama dalam hal berdakwah. Kegiatan ini menjadi ajang pembelajaran, pembelajaran sikap dan memberikan rasa percaya diri untuk tampil di depan umum. Pokok masalah dalam kegiatan ini yaitu kurangnya kader Lembaga Dakwah Mahasiswa (LDM) Al-Madani yang memiliki kualitas dalam berdakwah, seperti banyak yang kurang percaya diri tampil di depan umum. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang keefektifan pelatihan kegiatan Latihan Kader Da’i.

Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif yaitu penelitian yang menghasilkan data berupa kata-kata atau tindakan baik secara lisan maupun tertulis. Adapun tehnik analisis data yang digunakan yaitu analisis induktif. Untuk menguji keabsahan data dilakukuan melalui triangulasi, triangulasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah triangulasi data, triangulasi metode dan triangulasi teori.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa bentuk pengelolaan Latihan Kader Da’i yang diadakan oleh Lembaga Dakwah Mahasiswa yaitu menggunakan fungsi manajemen yaitu POAC (Planning, Organizing, Actuating dan Controlling), seperti pada saat perencanaan kegiatan yaitu melakukan komunikasi dengan pembina dan Wakil Rektor III, selanjutnya pengorganisasian yaitu membentuk Panitia dan Instruktur yang akan bertanggung jawab selama kegiatan berlangsung, kemudian memberikan pengarahan agar pelaksanaan kegiatan dapat berjalan dengan efektif, dan pengawasan selama kegiatan agar waktu dan jadwal kegiatan terlaksana sesuai dengan perencanaan awal. Dalam kegiatan Latihan Kader Da’i ini para peserta menganggap kegiatan ini efektif karena setelah mengikuti kegiatan ini mereka bisa mengasa kemampuan public speaking agar lebih percaya diri tampil di depan umum dan memperoleh ilmu yang belum didapatkan sebelumnya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Latihan Kader Da’i, Kualitas Kader, Efektivitas, Pengelolaan
Divisions: Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Program Studi Manajemen Dakwah
Depositing User: Subhan Saleh
Date Deposited: 06 Oct 2019 22:55
Last Modified: 06 Oct 2019 22:55
URI: http://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/809

Actions (login required)

View Item View Item