Peran Ibu Rumah Tangga Dalam Meningkatkan Pendapatan Keluarga Perspektif Ekonomi Islam (Studi di Kelurahan Lapadde)

Rahman, Resky (2019) Peran Ibu Rumah Tangga Dalam Meningkatkan Pendapatan Keluarga Perspektif Ekonomi Islam (Studi di Kelurahan Lapadde). Undergraduate thesis, IAIN Parepare.

[img]
Preview
Text (Full text)
15.220.006.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini akan mengkaji tiga permasalahan yaitu: Apa usaha-usaha yang dilakukan ibu rumah tangga dalam meningkatkan pendapatan keluarga, apa faktor penyebab ibu rumah tangga berusaha untuk meningkatkan pendapatan keluarga, bagaimana tinjauan ekonomi Islam terhadap peran ibu rumah tangga dalam meningkatkan pendapatan keluarga.

Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) yang bersifat deskriptif kualitatif. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan teologis normatif, yuridis formal dan pendekatan fenomenologis. Adapun teknik pengumpulan data adalah menggunakan metode observasi, dept interview dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan Data Reduction (Reduksi Data), Data Display (Penyajian Data), Conclusing Drawing/Verification (Menarik Kesimpulan).

Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Usaha-usaha yang dilakukan ibu rumah tangga dalam meningkatkan pendapatan keluarga ialah bekerja sebagai Guru, Pegawai Kantor Kelurahan, Staff Tata Usaha, Penjahit, Penjual Bakso, Penjual Pakaian Jadi, Penjual Kapurung, Pekebun dan Pemulung. 2) Faktor penyebab ibu rumah tangga dalam meningkatkan pendapatan keluarga karena ingin mengaktualisasikan ilmu, keahlian, dan keterampilan yang dimiliki sehingga bisa mendapatkan uang dan memenuhi kebutuhan keluarga serta bermanfaat bagi orang lain. 3) Dalam Islam dibolehkan seorang ibu rumah tangga bekerja dengan ketentuan tetap menjalankan tugas dan kewajibannya sebagai seorang istri dan mendapat izin dari suami. Seorang ibu rumah tangga harus bisa mengatur waktu antara urusan rumah tangga dan keluarganya, serta mampu menjaga kesucian dirinya untuk suaminya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Peran, Ibu, Meningkatkan, Pendapatan, Keluarga
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180127 Mu'amalah (Islamic Commercial & Contract Law) > 18012799 Mu'amalah (Islamic Commercial & Contract Law) not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Syariah dan Ilmu Hukum Islam > Program Studi Muamalah
Depositing User: Subhan Saleh
Date Deposited: 02 Oct 2019 17:43
Last Modified: 02 Oct 2019 17:43
URI: http://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/798

Actions (login required)

View Item View Item