Jual beli produk makanan tanpa label di Pasar Lakessi Parepare: Analisis Etika Bisnis Islam

Ratnasari, Dwi (2019) Jual beli produk makanan tanpa label di Pasar Lakessi Parepare: Analisis Etika Bisnis Islam. Undergraduate thesis, IAIN Parepare.

[img]
Preview
Text (Full text)
15.2200.159.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB) | Preview

Abstract

Masyarakat Parepare sebagian besar berprofesi sebagai pedaganguntuk memenuhi kebutuhan hidupnya, dimana mereka memproduksi sendiri makanan untuk dijual di Pasar Lakessi. Dalam memenuhi kebutuhan primer masyarakat, mereka banyak berhubungan dengan pedagang di Pasar khususnya pedagang makanan tanpa label. Pokok permasalahan dalam penelitian ini yaitu makanan tanpa label tidak memiliki komposisi dan atau keterangan-keterangan yang jelas mengenai bahan yang dipakai dikemasan makanan tanpa label. Sehingga masyarakat khususnya pembeli tidak mengetahui bahan-bahan yang digunakan dalam pembuatan makanan tersebut sehingga hal ini dapat menimbulkan kebohongan dan atau kezaliman terhadap pembeli. Dalam melakukan kegiatan jual beli makanan tanpa label, menerapkan syarat subjek dan objek akad dalam jual beli. Dalam melakukan kegiatan pemasaran, perlu menerapkan etika berbisnis yang sesuai dengan syariat Islam dengan mengaitkan prinsip-prinsip etika bisnis Islam. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui praktik jual beli produk makanan tanpa lebel dan penerapan etika bisnis Islam.

Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kualitatif yaitu penelitian yang dilakukan dilapangan terkait dengan permasalahn penelitian. Adapun lokasi penelitian bertempat di Pasar Lakessi Parepare. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi.

Hasil Penelitian menunjukan bahwa dalam praktik jual beli produk makanan tanpa lebel sudah terlaksana dengan baik Dengan terpenuhinya syarat subjek dan objek akad jual beli maka masyarakat terhindar dari kebohongan dan atau kezaliman dantidak ada pihak yang dirugikan. Dalam hal etika bisnis Islam dengan mengaitkan prinsip-prinsip etika bisnis Islam sudah menerapkan etika bisnis Islam dalam jual beli produk makanan tanpa label.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Jual beli, etika bisnis Islam
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180127 Mu'amalah (Islamic Commercial & Contract Law) > 18012799 Mu'amalah (Islamic Commercial & Contract Law) not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Syariah dan Ilmu Hukum Islam > Program Studi Muamalah
Depositing User: Subhan Saleh
Date Deposited: 29 Sep 2019 16:39
Last Modified: 29 Sep 2019 16:40
URI: http://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/793

Actions (login required)

View Item View Item