Adat dalam Perspekti Dakwah (studi tentang) “mappanongngo” di Lingkungan Bulisu kelurahan Kassa Kecamatan Batulappa

Fitrianti, Fitrianti (2019) Adat dalam Perspekti Dakwah (studi tentang) “mappanongngo” di Lingkungan Bulisu kelurahan Kassa Kecamatan Batulappa. Undergraduate thesis, IAIN Parepare.

[img] Text (Full text)
14.3100.012.docx - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (217kB)

Abstract

Dalam kehidupan beragama tidak dapat dipungkiri bahwa manusia memiliki tradisi dari setiap prilaku beragama yang dilakukan pada sebagian masyarakat Bulisu pada pelaksanaan pelaksanaan tertentu. Dari hal tersebut penganalisaan Adat dalam Perspekti Dakwah (studi tentang) “mappanongngo” pada mayarakat yang melaksanakannya sangat diperlukan untuk mengetahui bagaimana nilai dakwah mengenai adat mappanongno dalam kehidupannya.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dalam mengelola data digunakan metode observasi dan wawancara. Teori yang digunakan dalam penelitian ini yaitu teori semiotika yang mencakup antara tanda (simbol), objek, dan makna. Teori Tradisi semiotik terdiri atas sekumpulan teori tentang bagaimana tanda-tanda merefresentasikan benda, ide, keadaan, situasi, perasaan, dan kondisi di Luar tanda-tanda itu sendiri.

Hasil penelitian ini temukan bahwa masyarakat yang melaksanakan tradisi mappanongngo ini sejalan dengan ajaran agama yaitu meniatkan dan mengembalikan segala sesuatu kepada Allah SWT. Tradisi mappanongngo yang dilaksanakan oleh masyarakat merupakan salah satu bentuk ucapan syukur kepada air karena selama ini air telah memberikan banyak manfaat untuk manusia khususnya masyarakat Bulisu

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Dakwah, Adat Mappanongngo, Masyarakat
Divisions: Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Afidatul Asmar
Date Deposited: 24 Sep 2019 23:47
Last Modified: 24 Sep 2019 23:47
URI: http://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/785

Actions (login required)

View Item View Item