Perilaku Komunikasi Mahasiswi Berjilbab Syar’i IAIN Parepare

Azis, Andi Ungasari (2019) Perilaku Komunikasi Mahasiswi Berjilbab Syar’i IAIN Parepare. Undergraduate thesis, IAIN Parepare.

[img]
Preview
Text (Full text)
14.3100.010.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini fokus pada perilaku komunikasi mahasiswi berjilbab syar’i IAIN Parepare khususnya informan yang berjilbab syar’i yang mewakili. Dengan rumusan masalah sebagai berikut. Bagaimana perilaku komunikasi mahasiswi berjilbab syar’i IAIN Parepare dalam konteks komunikasi interpersonal, grup, dan organisasi? Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Dengan menggunakan metode observasi dan wawancara, dan sebagai informan penelitiannya adalah mahasisiwi yang berjilbab syar’i dan orang yang memiliki relasi komunikasi dengannya. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi.

Perilaku komunikasi mahasiswi berjilbab syar’i IAIN Parepare dalam konteks komunikasi interpersonal, qaulan kariman bersikap baik, lemah lembut dalam artian berupa perkataan dan perbuatan dalam bahasa bugis lemah lembut, sopan santun. Qaulan layyinan tidak pernah menyinggung perasaan lawan biacaranya dan ada juga yang mengatakan pernah. Ahsanu qaulan saat berbicara tidak kasar, ada yang mengatakan terkadang menyinggung, berbicara dengan yang lebih tua lebih sopan dan menghargai. kinesic menatap saat berbicara dan ada juga yang melihat ke arah lain. Paralanguange berbicaranya seperti pada umumnya kadang cepat dan kadang lambat. Proksemics saat berinteraksi dengan sahabat lebih pada jarak yang dekat. Perilaku komunikasi mahasiswi berjilbab syar’i IAIN Parepare dalam konteks komunikasi kelompok, qaulan kariman tidak berkata kasar. Qaulan layyinan tidak kasar dan kadang menyinggung perkataannya. Ahsanu qaulan berbicara dengan yang lebih tua itu menghormati. kinesic memperhatikan ekspresi lawan bicara dan disertai gerakan tubuh. Paralanguange berbicaranya terdengar keras dan kadang berlebihan saat tertawa. Proksemics saat berinteraksi dengan perempuan ataupun laki-laki sama saja jarak yang dekat.Perilaku komunikasi mahasiswi berjilbab syar’i IAIN Parepare dalam konteks komunikasi organisasi, qaulan kariman bersikap tidak sopan, dan ketika dengan lawan jenis tidak menjaga perilakunya. Qaulan layyinan tutur katanya tidak sesuai dengan pakaian yang dipakai. Ahsanu qaulan saat berbicara dengan yang lebih tua menghormati dan sopan. kinesic jika perempuan diperhatikan tapi jika laki-laki tidak menatap lawan bicara dan disertai gerakan tubuh yang berlebihan. Paralanguange berbicara dan tertawa suaranya terdengar keras. Proksemics masih berboncengan dengan lawan jenis yang bukan mahrom, berbicara tidak memberi batasan jarak dengan lawan bicara laki-laki

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Perilaku Komunikasi, Mahasiswa.
Divisions: Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Afidatul Asmar
Date Deposited: 24 Sep 2019 23:41
Last Modified: 24 Sep 2019 23:41
URI: http://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/784

Actions (login required)

View Item View Item