Martina, Martina (2019) Peranan Orang Tua dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Pesrta Didik Mata Pelajaran Fiqhi di Kelas VII MTs DDI Kecamatan Kulo Kabupaten Sidrap. Undergraduate thesis, IAIN Parepare.

[thumbnail of Full text]
Preview
Text (Full text)
14.1100.107.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (6MB) | Preview

Abstract

Orang tua merupakan pendidik utama dan pertama bagi anak-anak mereka, karena dari merekalah anak mula-mula menerima pendidikan. Orang tua atau ibu dan ayah memegang peranan yang penting dan amat berpengaruh atas pendidikan anak-anaknya. Prestasi belajar fiqhi merupakan pencapaian peserta didik yang berupa nilai atau angka setelah melalui proses belajar. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan dengan menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan analisis data yang digunakan dengan teknik deskriftif. Mendeskripsikan mengenai peranan orang tua dalam meningkatkan prestasi belajar peserta didik mata pelajaran fiqhi di kelas VII MTs DDI Kecamatan Kulo. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa pertama: orang tua yang selalu memberikan perhatian pada anaknya, terutama perhatian pada kegiatan belajar mereka di rumah, membuat anak akan lebih giat dan lebih bersemangat dalam belajar karena ia tahu bahwa bukan dirinya sendiri saja yang berkeinginan untuk maju, akan tetapi orang tuanya juga memiliki keinginan yang sama. Peranan orang tua dalam memotivasi belajar anaknya pada proses pembelajaran, sebeb orang tua sebagai peletak dasar pendidikan bagi anak dalam keluarga yang selanjutnya akan menjadi dasar kepribadian anak dikemudian hari. Sehingga hasil belajar atau prestasi belajar yang di raih oleh peserta didik menjadi lebih baik. Kedua: Keadaan tingkat prestasi belajar peserta didik dapat diketahui melalui serangkaian ujian, baik teks maupun non teks. Untuk mendukung pencapaian prestasi belajar peserta didik, maka peranan orang tua dapat memberikan motivasi peserta didik di rumah meliputi perhatian pada proses belajar, pemberian nasehat, pemberian hadiah, dan hukuman yang mendidik, dan menyediakan fasilitas belajar peserta didik secara berkelanjutan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Peranan orang tua, prestasi belajar peserta didik
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Subhan Saleh
Date Deposited: 23 Sep 2019 22:45
Last Modified: 23 Sep 2019 22:45
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/778

Actions (login required)

View Item View Item