Waris, Indaryani (2019) Pengaruh kualitasi kepribadian guru PAI terhadap pencapaian hasil belajar siswa kelas VII di SMP Negeri 2 Patampanua. Undergraduate thesis, IAIN Parepare.

[thumbnail of Full text]
Preview
Text (Full text)
14.1100.035.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB) | Preview

Abstract

INDONESIA : Kepribadian adalah keseluruhan dari individu yang terdiri dari unsur psikis dan fisik. Dalam makna demikian, seluruh sikap perbuatan seseorang merupakan suatu gambaran dari kepribadian orang itu, atau dilakukan secara sadar. Dan perbuatan yang baik sering dikatakan bahwa seseorang itu mempunyai kepribadian yang baik atau berakhlak mulia, sebaliknya, bila seseorang melakukan suatu sikap atau perbuatan yang tidak baik menurut pandangan masyarakat, maka dikatakan bahwa orang itu tidak mempunyai kepribadian yang baik atau mempunyai akhlak yang tidak mulia. Oleh karena itu, masalah kepribadian adalah suatu hal yang sangat menentukan tinggi rendahnya kewibawaan seorang guru dalam pandangan anak didik atau masyarakat.Metode penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan desain kuantitatif Asosiatif, Karena membahas dua variabel Kualitas kepribadian guru PAI (X) terhadap hasil belajar siswa (Y) dan subjeknya adalah sampelnya sudah ditentukan oleh peneliti sendiri, yaitu pada kelas VII yang berjumlah 80 orang. Skripsi ini menggunakan penelitian kuantitatif dan dalam megumpulkan data digunakan metode observasi, angket dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Berdasarkan uraian di atas dapat disimpulkan bahwa Kualitas kepribadian guru PAI termasuk kategori sangat tinggi, hal ini sesuai dengan hasil pengamatan dilapangan menunjukkan bahwa dari 80 orang yang menjadi sampel terhadap Kualitas kepribadian guru PAI termasuk kategori sangat tinggi. (2) Berdasarkan uraian di atas dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa termasuk kategori tinggi, hal ini sesuai dengan hasil pengamatan dilapangan menunjukkan bahwa dari 80 orang yang menjadi sampel terhadap hasil belajar siswa termasuk kategori sangat tinggi. (3) Setelah dikuadratkan, dapat disimpulkan bahwa besarnya pengaruh kualitas kepribadian guru PAI terhadap hasil belajar siswa adalah sebesar 0,106 atau 10,60% dipengaruhi variabel lain 60,40% yang tidak diamati oleh peneliti.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kualitas kepribadian Guru PAI, Hasil belajar siswa
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Subhan Saleh
Date Deposited: 23 Sep 2019 22:17
Last Modified: 23 Sep 2019 22:17
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/776

Actions (login required)

View Item View Item