Hadaria, Hadaria (2019) Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Tingkat Kepuasan Nasabah dalam Menggunakan Layanan Agen Brilink di Sulili Barat Kabupaten Pinrang. Undergraduate thesis, IAIN Parepare.

[thumbnail of Full text]
Preview
Text (Full text)
15.2300.065.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (7MB) | Preview

Abstract

INDONESIA : Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (i) pengaruh tingkat kepuasan nasabah dalam menggunakan layanan agen BRILink di Sulili Barat Kabupaten Pinrang (ii) faktor yang paling dominan mempengaruhi tingkat kepuasan nasabah dalam menggunakan layanan agen BRILink di Sulili Barat Kabupaten Pinrang. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode lapangan (field research) yang terlibat langsung dilokasi penelitian. Populasi dan sampel dalam penelitian ini yaitu nasabah Bank Rakyat Indonesia (BRI) yang menggunakan layanan agen BRILink di Sulili Barat Kabupaten Pinrang. Pengumpulan datanya menggunakan angket dengan skala likert dengan menguji hipotesis penelitian ini menggunakan analisis statistik diantaranya: Uji Validitas, Uji Reliabilitas, Uji Normalitas, dan Analisis Regresi Linear Berganda. Hasil Penelitian menunjukkan: 1) Pada hasil Uji t (secara Parsial) dapat disimpulkan bahwa variabel faktor sosial (X2) dan pribadi (X3) tidak terdapat pengaruh yang signifikan terhadap kepuasan nasabah (Y) dalam menggunakan layanan agen BRILink. Sedangkan variabel faktor kebudayaan (X1) dan faktor psikologis (X4) terdapat pengaruh yang signifikan terhadap kepuasan nasabah (Y) dalam menggunakan layanan agen BRILink. 2) Pada hasil uji F (secara Simultan) dapat disimpulkan bahwa variabel faktor kebudayaan (X1), sosial (X2), pribadi (X3), dan psikologis (X4) memiliki model regresi yang dapat digunakan untuk memprediksi kepuasan nasabah. 3) Adapun hasil Analisis Regresi Linear Berganda mengatakan bahwa yang paling dominan berpengaruh terhadap tingkat kepuasan nasabah secara simultan adalah variabel faktor psikologis (X4) dimana nilai koefisiennya lebih besar dari variabel faktor-faktor lainnya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Agen, BRILink, Kepuasan Nasabah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Perbankan Syariah
Depositing User: Subhan Saleh
Date Deposited: 23 Sep 2019 17:02
Last Modified: 23 Sep 2019 17:02
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/769

Actions (login required)

View Item View Item