Penerapan Model Pembelajaran Simulasi dalam Meningkatkan Kemampuan Menghafal Mufradat Peserta Didik Kelas VIII MTs DDI Kanang

Amir, Muhammad Aswar (2018) Penerapan Model Pembelajaran Simulasi dalam Meningkatkan Kemampuan Menghafal Mufradat Peserta Didik Kelas VIII MTs DDI Kanang. Undergraduate thesis, IAIN Parepare.

[img]
Preview
Text (Full text)
14.1200.001.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (8MB) | Preview

Abstract

INDONESIA :

Model Simulasi termasuk salah satu model pembelajaran untuk memudahkan pendidik menyampaikan materi ajar kepada peserta didik serta memudahkan peserta didik dalam memahami materi yang disampaikan oleh pendidik. Model pembelajaran simulasi yang diterapkan adalah menampilkan materi pelajaran yang dikemas melalui simulasi-simulasi pembelajaran dalam bentuk percakapan yang menjelaskan konten secara menarik, hidup, dan memadukan unsur teks, gambar, dan gerak yang serasi dengan mengkombinasikan materi isim isyarah dengan mumfrdat yang terdapat dalam ruang kelas.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui informasi tentang bagaimana penerapan model pembelajaran simulasi dan apakah model model pembelajaran simulasi ini evektif dalam meningkatkan kemampuan menghafal mufradat peserta didik pada kelas VIII.1 Madrasa Tsanawiyah DDI Kanang.

Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kuantitatif khususnya kuantitatif eksperimen. Sedangkan desain penelitian yang digunakan adalah penelitian Pre-Experimental Designs dalam bentuk One-Goup Pretest-posttest Designs. Adapun instrumen penelitian yang digunakan yaitu pre-test, treatment, post-test, lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian pada aspek keterlaksanaan pembelajaran yang dilakukan dalam mengelola pembelajaran selama empat kali pertemuan, diperoleh bahwa skor rata-rata keterlaksanaan pembelajaran dengan model simulasi adalah 3,45 berada pada kategori cukup/sedang. Kemudian Berdasarkan tes hipotesis peneliti menggunakan (df) adalah N-1, jadi 30-1=29, untuk ɑ = 0,05 dan df = 29 pada tabel berjumlah 2,042.

Setelah menbandingkan antara besarnya t yang diperoleh dalam perhitungan yang tercantum pada nilai t hitung maka dapat diketahui bahwa t hitung lebih besar dari pada t tabel. Dimana t hitung = 14,32 sedangkan t tabel = 2,042.

Berdasarkan perhitungan tersebut, t hitung lebih besar dari pada t tabel dengan demikian hipotesis diterima dan ini berarti penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran simulasi evektif dalam meningkatkan kemampuan menghafal mufradat peserta didik kelas VIII.1 Madrasa Tsanawiyah DDI Kanang.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Penerapan Model, Pembelajaran Simulasi, Meningkatkan, Menghafal Mufradat
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Subhan Saleh
Date Deposited: 12 Sep 2019 21:38
Last Modified: 12 Sep 2019 21:38
URI: http://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/741

Actions (login required)

View Item View Item