Hardiyanti, Hardiyanti (2019) Analisis Kesulitan Belajar Bahasa Arab Bagi Peserta Didik kelas VIII Mts DDI Labukkang Parepare. Undergraduate thesis, IAIN Parepare.

[thumbnail of Full text]
Preview
Text (Full text)
14.1200.007.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (5MB) | Preview

Abstract

INDONESIA : Belajar bahasa Arab adalah sarana untuk mendalami agama Islam. Untuk mengetahui ajaran agama Islam dengan sempurna adalah menguasai bahasa Arab serta ilmu yang berhubungan dengannya. Bahasa Arab memiliki fungsi yang istimewa dari bahasa-bahasa lain. Ia bukan saja memiliki nilai-nilai sastra yang bermutu tinggi bagi mereka yang mengetahui dan mendalaminya, akan tetapi juga sebagai bahasa Al-Qur’an. Belajar bahasa Arab berarti mempelajari bahasa Al-Qur’an. Oleh karena itu setiap muslim yang akan mengkaji dan mempelajari agama Islam tentu harus merujuk kepada Al-Qur’an dan As-Sunnah, dan untuk memahaminya tentu ada unsur penting yang harus diketahui yaitu ilmu bahasa Arab, selain sebagai bahasa pengantar dalam mengetahui dan memahami ajaran agama Islam, bahasa Arab juga memiliki kedudukan yang tinggi dikancah Internasional sebagai salah satu bahasa Asing. Penelitian ini bertujuan untuk mengidetifikasi berbagai kesulitan-kesulitan belajar bahasa Arab yang dialami oleh peserta didik kelas VIII Mts DDI Labukkang Parepare. Kesulitan-kesulitan tersebut akan dianalisis dan selanjutnya berupaya mencari solusi untuk mengatasinya. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif dengan menggunakan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan menggunakan metode induktif dan deduktif dan memberi makna terhadap data yang berhasil dikumpulkan dari makna itulah ditarik kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Bahasa Arab di Mts DDI Labukkang Parepare menggunakan kurikulum 2013 (K13), buku panduan yang digunakan yaitu buku paket yang disediakan oleh sekolah, 2) kesulitan belajar bahasa Arab yang dihadapi oleh peserta didik Mts DDI Labukkang Parepare antara lain faktor pendidik, yaitu guru atau pengajar bahasa Arab. Faktor peserta didik yaitu yang tak lain adalah siswa, baik dari segi linguistik atau non linguistik peserta didik, faktor fisiologis dan psikologis. 3) Upaya mengatasi kesulitan belajar bahasa Arab peserta didik Mts DDI Labukkang Parepare antara lain; dari pihak pendidik dengan pemberian bimbingan belajar baik di luar maupun di dalam kelas, bagi peserta didik sendiri menghafal mufradat dengan sungguh-sungguh, dan banyak bertanya kepada pendidik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Analisis, Kesulitan Belajar, Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Subhan Saleh
Date Deposited: 12 Sep 2019 17:41
Last Modified: 12 Sep 2019 17:41
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/740

Actions (login required)

View Item View Item