Tahir, Syamsiah (2019) Hubungan Profesionalisme Guru Terhadap Prestasi Belajar Peserta Didik Dalam Mata Pelajaran Bahasa Arab Di MTs Pondok-Pesantren Darul Arqam Muhammadiyah Punnia Kecamatan Mattiro Bulu Kabupaten Pinrang. Undergraduate thesis, IAIN Parepare.

[thumbnail of Full text]
Preview
Text (Full text)
14.1200.020.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (6MB) | Preview

Abstract

INDONESIA : Penelitian ini membahas hubungan profesionalisme guru dengan prestasi belajar peserta didik dalam mata pelajaran bahasa Arab. Penelitian ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan: (1) bagaimana profesionalisme guru di MTs Pondok Pesantren Darul Arqam Muhammadiyah Punnia Kecamatan Mattiro Bulu Kabupaten Pinrang? (2) bagaimana prestasi belajar peserta didik dalam mata pelajaran bahasa Arab di MTs Pondok Pesantren Darul Arqam Muhammadiyah Punnia Kecamatan Mattiro Bulu Kabupaten Pinrang? (3) bagaimana hubungan profesionalisme guru bahasa Arab terhadap prestasi belajar peserta didik dalam mata pelajaran bahasa Arab di MTs Pondok Pesantren Darul Arqam Muhammadiyah Punnia Kecamatan Mattiro Bulu Kabupaten Pinrang?. Penelitian ini menggunakan jenis dan desain penelitian Kuantitatif Korelasional, dengan populasi serta sampel 45 orang dengan menggunakan teknik pengambilan sampel adalah Total Sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik observasi, dokumentasi , dan angket. Untuk memperoleh data variabel X yaitu profesionalisme guru menggunakan angket skala likert, untuk memperoleh data variabel Y yaitu prestasi belajar prestasi belajar dengan menggunakan dokumentasi. Data penelitian yang terkumpul kemudian dianalisis dengan menggunakan aplikasi SPSS, untuk menguji hipotesis penelitian. Atau dengan teknik analisis data korelasi, yaitu mencari hubungan korelasi antara (X) dan (Y). Pengujian hipotesis penelitian menunjukkan bahwa: 1) profesionalisme Guru di MTs Pondok Pesantren Muhammadiyah Punnia Kecamatan Mattiro Bulu Kabupaten Pinrang berada pada kategori baik dengan nilai rata-rata sebesar 79,07. 2) prestasi belajar peserta didik dalam mata pelajaran bahasa Arab di MTs Pondok Pesantren Muhammadiyah Punnia Kecamatan Mattiro Bulu Kabupaten Pinrang berada pada kategori baik dengan nilai rata-rata sebesar 78,67. 3) terdapat korelasi positif dan signifikan antara profesionalisme guru terhadap prestasi belajar peserta didik di MTs Pondok Pesantren Muhammadiyah Punnia Kecamatan Mattiro Bulu Kabupaten Pinrang, berada pada kategori korelasi sangat kuat sebesar 0,872.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Profesionalisme Guru, Prestasi Belajar Mata Pelajaran Bahasa Arab.
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Subhan Saleh
Date Deposited: 11 Sep 2019 00:16
Last Modified: 11 Sep 2019 00:16
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/733

Actions (login required)

View Item View Item