Rabaisa, Rabaisa (2018) Daya Tarik Pembelajaran Bahasa Arab Bagi Siswa Pada Madrasah Tsanawiyah Izzatul Ma’arif Tappina Kec. Binuang Kab. Polman. Undergraduate thesis, IAIN Parepare.

[thumbnail of Full text]
Preview
Text (Full text)
14.1200.035.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (6MB) | Preview

Abstract

INDONESIA : Daya tarik adalah kecenderungan terhadap sesuatu, dalam proses pembelajaran daya tarik ini dapat menimbulkan minat, perhatian, dan motivasi. Tercapainya tujuan dalam pembelajaran karena adanya kecenderungan siswa dalam memperhatikan pelajarannya, biasanya disebabkan oleh faktor guru yang mempunyai kompetensi/skill dan karakter yang menyenangkan untuk siswa juga cara mengelolah kelas dengan baik, menggunakan metode dan media yang sesuai dengan materi, kondisi, dan suasana lingkungan yang mendukung jalannya suatu pembelajaran. Sehingga dalam proses pembelajaran tercapailah aspek kognitif, afektif dan psikomotorik bagi siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pembelajaran bahasa Arab pada Madrasah Tsanawiyah Izzatul Ma’arif Tappina dan bagaimana daya tarik pembelajaran bahasa Arab bagi siswa pada Madrasah Tsanawiyah Izzatul Ma’arif Tappina. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif yaitu menggambarkan secara langsung apa yang terjadi di lokasi penelitian. Dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran bahasa Arab pada Madrasah Tsanawiya Izzatul Ma’arif Tappina dilakukan seperti pada pembelajaran-pembelajaran yang lainnya, tetapi yang dapat membuat siswa tertarik mengikuti pembelajaran karena dari faktor guru yang memiliki kompetensi atau skill dan karakter yang menyenangkan yang dapat membuat siswa lebih tertarik mengikuti pembelajaran bahasa Arab juga dari faktor siswa yang memiliki minat, perhatian dan motivasi yang kuat dalam mempelajari bahasa Arab. Namun upaya yang dilakukan oleh guru masih kurang dalam membuat siswa lebih tertarik mengikuti pembelajaran bahasa Arab, karena kurangnya fasilitas yang tersedia disekolah, sehingga pembelajaran lebih monoton dengan satu metode saja.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Daya Tarik, Pembelajaran, Siswa
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Subhan Saleh
Date Deposited: 09 Sep 2019 23:21
Last Modified: 09 Sep 2019 23:21
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/720

Actions (login required)

View Item View Item