Nahrul, Hayat and Syamsuddin, Aziz (2015) ANALISIS SEMIOTIK POSITIONING POLITIK KAMPANYE PEMILIHAN PRESIDEN 2014 DALAM IKLAN VIDEO MUSIK YOUTUBE. Journal Kareba Unhas.

[thumbnail of 1058] Text
1058 - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (22kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap representasi makna yang ada dalam iklan video musik Youtube kampanye pemilihan presiden Indonesia 2014; dan menjelaskan konstruksi positioning politik dalam iklan tersebut. Metode yang digunakan adalah metode penelitian deskriptif kualitatif melalui pengamatan langsung terhadap objek dan kajian pustaka. Data dianalisis dengan menggunakan analisis semiotika Roland Barthes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara konotatif makna utama yang terkandung dalam iklan video musik kampanye pemilihan presiden 2014 adalah bahwa masing-masing pasangan kandidat merupakan pasangan terbaik dan paling layak untuk memimpin Indonesia. Hasil analisis tanda konotatif juga menemukan bahwa konstruksi positioning politik Prabowo adalah sebagai calon presiden yang memiliki citra diri tegas dan pemberani serta disegani dan disukai; berlatar belakang militer dan memiliki gaya memimpin yang formal-prosedural; serta berideologi nasionalisme-militeristik. Sebaliknya konstruksi positioning politik Jokowi adalah sebagai calon presiden yang meiliki citra diri jujur dan merakyat serta disenangi dan disukai; berlatar belakang sipil dengan gaya memimipin yang informal-spntanious; serta memilki ideologi dominan sosialisme-demokratis. Kata kunci: Semiotik, Positioning Politik, Pemilihan Presiden, Iklan, Video Musik, Youtube

Item Type: Other
Subjects: 16 STUDIES IN HUMAN SOCIETY > 1606 Political Science > 160699 Political Science not elsewhere classified
20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2001 Communication and Media Studies > 200101 Communication Studies
Depositing User: Nahrul Hayat
Date Deposited: 04 Jan 2018 12:11
Last Modified: 04 Jan 2018 12:11
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/72

Actions (login required)

View Item View Item