Suriani, Suriani (2019) Kreativitas Guru Pendidikan Agama Islam dalamPembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 1 Patampanua. Undergraduate thesis, IAIN Parepare.

[thumbnail of Full text]
Preview
Text (Full text)
14.1100.121.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (9MB) | Preview

Abstract

INDONESIA : Kreativitas itu berkembang didasari oleh potensi yang ada dalam diri seseorang, ada yang harus digali dan ada pula yang berasal dari diri sendiri dan hal itu ditunjang oleh pengalamannya. Kreativitas sangat berperan aktif dalam pembelajaran karena seorang guru yang kretif akan mampu mengembangkan metode, memanfaatkan media dan melakukan pengelolaan kelas yang baik. Adapun tujuan penelitian ini untuk mengetahui kretivitas guru PAI dalam mengembangkan metode, memanfaatkan media dan mengelolah kelas pembelajaran. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif, yakni penelitian yang harus terjun langsung melihat kondisi objek lapangan yang akan diteliti. Pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, observasi dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis data kualitatif adalah bersifat induktif dengan pendekatan model analisis data Miles dan Huberman. Sedangakan uji keabsahan data yang digunakan yaitu credibility (validitas interbal), dependability (reliabilitas), dan confirmability (obyektivitas). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: kreativitas guru PAI dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 1 Patampanua sangat baik karena guru PAI yang ada mempunyai ke-kreatif-an yang berbeda-beda dalam pembelajarannya dan mampu membuat peserta didik aktif dalam pembelajaran. Kreatif dalam metode pembelajaran itu tergantung setiap mata pelajaran yang diajarakan karena tidak bisa dinamakan kreatif jika menggunakan satu metode bagus tapi itu- itu saja. Metode yang kreatif yaitu metode yang variatif dan disajikan dalam setiap dekade maupun setiap kompetensi dasar penyajian di kelas. Sama halnya dengan menggunakan media pembelajaran, dikatakan kreatif ketika kita mampu menggunakan media yang sesuai dengan mata pelajaran yang berlangsung saat itu. Dan dalam pengelolaan kelas, seorang guru dikatakan kreatif ketika mampu mengelola kelas pembelajaran dengan baik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Subhan Saleh
Date Deposited: 08 Sep 2019 22:48
Last Modified: 08 Sep 2019 22:48
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/710

Actions (login required)

View Item View Item