Sinring, Risda (2018) Efektivitas Metode Jigsaw dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Sejarah Kebudayaan Islam Peserta Didik di Kelas VIII MTs Darul Ulum Ath-Thahiriyah Paladang Kabupaten Pinrang. Undergraduate thesis, IAIN Parepare.

[thumbnail of Full text]
Preview
Text (Full text)
14.1100.136.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (7MB) | Preview

Abstract

INDONESIA : Metode Jigsaw adalah salah satu metode pembelajaran yang menciptakan komunikasi dan interaksi antara satu dengan yang lainnya, metode ini menitikberatkan pada kerja kelompok peserta didik dalam bentuk kelompok kecil, setiap anggota kelompok bertanggung jawab terhadap keberhasilan kelompoknya dan ketuntasan materi yang telah dipelajari agar mampu menyampaikan informasi kepada kelompok lain sehingga peserta didik termotivasi dalam proses pembelajaran yang membuat peserta didik ingin terus belajar. Sejumlah faktor yang menjadi penyebab peserta didik kurang termotivasi dalam belajar karena kebiasaan guru menggunakan metode yang tradisional sehingga membuat peserta didik menjadi pasif di dalam kelas karena tidak dilibatkan dalam proses belajar, peserta didik menjadi tidak bersemangat dan kurang bergairah terhadap pelajaran yang disampaikan oleh guru, sehingga peserta didik banyak yang mengantuk, bermain, tidak memperhatikan guru yang sedang menjelaskan.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas metode jigsaw dalam meningkatkan motivasi belajar sejarah kebudayaan Islam peserta didik di kelas VIII MTs Darul Ulum Ath-Thahiriyah Paladang Kabupaten Pinrang. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan desain quasi eksperimen designs dan instrumen pengumpulan data digunakan observasi, angket, tes dan dokumentasi. Adapun teknik analisis datanya yaitu menggunakan uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Penggumaan Metode Jigsaw dapat meningkatkan motivasi belajar peserta didik pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam, (2) Dengan membandingkan besarnya t yang diperoleh dalam perhitungan yang tercantum pada nilai t hitung maka dapat diketahui bahwa t hitung lebih besar daripada t tabel (t hitung ≥ t tabel) dimana t hitung = 353,38 sedangkan t tabel = 2,074. (3) Dengan t hitung ≥ t tabel maka hipotesis dapat diterima dan ini berarti EfektivitasMetode Jigsaw dapat Meningkatkan Motivasi Belajar Sejarah Kebudayaan Islam Peserta Didik di Kelas VIII MTs Darul Ulum Ath-Thahiriyah Paladang Kabupaten Pinrang.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Metode Jigsaw, Motivasi Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Subhan Saleh
Date Deposited: 08 Sep 2019 22:13
Last Modified: 08 Sep 2019 22:13
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/708

Actions (login required)

View Item View Item