Tajuddin, Syamsurya Jaya (2018) Pengaruh pemberian hukuman terhadap motivasi belajar pendidikan agama Islam pada peserta didik kelas XII IPS di SMA Negeri 4 Parepare. Undergraduate thesis, IAIN Parepare.

[thumbnail of Full text]
Preview
Text (Full text)
14.1100.144.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (6MB) | Preview

Abstract

INDONESIA : Hukuman adalah suatu hukuman yang diberikan dengan sengaja oleh seorang pendidik kepada peserta didik yang melanggar peraturan sekolah baik disengaja maupun tidak disengaja. Motivasi belajar peserta didik merupakan dorongan seseorang dengan tujuan untuk melakukan sesuatu sehingga dapat memperoleh hasil yang ingin dicapai, motivasi juga dapat menimbulkan percaya diri yang muncul dalam diri kita sendiri serta dorongan dari teman dekat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemberian hukuman terhadap motivasi belajar pendidikan agama Islam pada peserta didik kelas XII IPS di SMA Negeri 4 Parepare. Jenis peneilitian ini merupakan penelitian kuantitatif asosiatif dan desain penelitiannya kuatitatif korelasional. Sampel penelitian menggunakan simple random sampling yakni pemilihan sampel secara acak yang berjumlah 95 responden. Teknik pengumpulan data menggunakan tekni observasi, angket dan dokumentasi, sedangkan teknik analisis datanya menggunakan teknik statistik desktriptif dan statistik inferensial dengan menggunakan bantuan software SPSS versi 2.1. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1)Pemberian hukuman kepada peserta didik SMA Negeri 4 Parepare yang dibuktikan menganalisis angket yang berjumlah 95 responden berada pada kategori tinggi yaitu 72.70%. (2) Motivasi belajar peserta didik SMA Negeri 4 Parepare yang dibuktikan dari analisis angket yang berjumlah 95 responden berada pada kategori tinggi yaitu 68.50%. (3) Terdapat hubungan yang signifikan antara pemberian hukuman terhadap motivasi belajar peserta didik di SMA Negeri 4 Parepare . Hal ini diketahui dari hasil pengujian person correlations dengan nilai signifikan 0.000 ≤ 0.05. Hasil analisis person corelationnya sebesar 0.814 atau 81.40% berada pada tingkat hubungan sangat kuat yakni antara 0.80–1.000. (4) Terdapat pengaruh yang signifikan antara pemberian hukuman terhadap motivasi belajar peserta didik di SMA Negeri 4 Parepare. Hal ini diketahui dari hasil pengujian uji regresi linear sederhana dan koefisien determinasinya sebesar 66.2% maka besarnya kontribusi (sumbangan) pemberian hukuman terhadap motivasi belajar peserta didik di SMA Negeri 4 Parepare adalah 66,2% sedangkan sisanya sebesar (33,8%) dipengaruhi oleh variabel lain di luar penelitian. Hasil pengujian hipotesis yang dilakukan penulis yaitu terdapat pengaruh yang signifikan dalam pemberian hukuman terhadap motivasi belajar pendidikan agama Islam pada peserta didik kelas XII IPS di SMA Negeri 4 Parepare.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pemberian Hukuman, Motivasi Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Subhan Saleh
Date Deposited: 08 Sep 2019 19:13
Last Modified: 08 Sep 2019 19:13
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/704

Actions (login required)

View Item View Item