A. Sartika, A. Sartika (2018) Pengaruh Implementasi Kurikulum 2013 Terhadap Pembentukan Karakter Peserta Didik dalam Mata Pelajaran PAI di SMA Negeri 2 Pinrang. Undergraduate thesis, IAIN Parepare.

[thumbnail of Full text]
Preview
Text (Full text)
14.1100.147.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (7MB) | Preview

Abstract

INDONESIA : Implementasi kurikulum 2013 merupakan penerapan kurikulum berbasis kompetensi dengan memperkuat proses pembelajaran dan penilaian autentik untuk mencapai kompetensi sikap, pengetahuan, dan keterampilan. Pembentukan karakter diartikan sebagai suatu usaha atau proses yang dilakukan untuk menanamkan hal positif pada peserta didik yang bertujuan untuk membangun karakter yang sesuai dengan norma dan kaidah moral dalam bermasyarakat. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan desain penelitian kuantitatif korelasional. Adapun sampel penelitian ini sebanyak 74 peserta didik dari 285 populasi. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik proportional sampling, yaitu jika populasi terdiri dari beberapa sub-populasi yang tidak homogen dan tiap-tiap sub-populasi akan diwakili dalam penyelidikan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis product moment dan regresi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Implemetasi kurikulum 2013 dalam mata pelajaran PAI berada pada kategori sedang, yaitu 72.73 % yang dibuktikan dengan menganalisis hasil angket dari 74 responden. (2) Pembentukan karakter peserta didik dalam mata pelajaran PAI di SMA Negeri 2 Pinrang berada pada kategori sedang, yaitu 77.06% ini dibuktikan dengan menganalisis hasil angket dari 74 responden. (3) Terdapat hubungan yang signifikan antara implementasi kurikulum 2013 terhadap pembentukan karakter peserta didik dalam mata pelajaran PAI di SMA Negeri 2 Pinrang, yang dibuktikan melalui hasil analisis data dari hasil angket dengan nilai signifikansi rhitung = 0.986 ≥ rtabel = 0.225 pada taraf signifikan 5%. Besarnya tingkat pengaruhnya adalah 97.21%, dalam artian bahwa 2.97% lainnya dipengaruhi oleh variable lain yang tidak diamati dalam penelitian ini, kemudian dilakukan uji regresi sederhana untuk mengetahui adanya pengaruh antara implementasi kurikulum 2013 terhadap pembentukan karakter peserta didik dalam mata pelajaran PAI di SMA Negeri 2 Pinrang diperoleh Bentuk persamaan regresi berupa Y^'= 19.615+0.270 X. Dengan ini dinyatakan adanya hubungan positif atau pengaruh implementasi kurikulum 2013 terhadap pembentukan karakter peserta didik dalam mata pelajaran PAI di SMA Negeri 2 Pinrang.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Subhan Saleh
Date Deposited: 04 Sep 2019 23:03
Last Modified: 04 Sep 2019 23:03
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/701

Actions (login required)

View Item View Item