Fadillah, Nur (2019) Peranan Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Pembntukan Karakter Peserta Didik Kelas VII Di SMP Negeri 1 Suppa Kabupaten Pinrang. Undergraduate thesis, IAIN Parepare.

[thumbnail of Full text]
Preview
Text (Full text)
14.1100.149.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (5MB) | Preview

Abstract

INDONESIA : Guru pendidikan Agama Islam adalah orang yang mentrasfer ilmu kepada peserta didik di sekolah formal. Sedangkan karakter dapat diartikan sebagai tabiat sifat-sifat kejiwaan, akhlak, atau budi pekerti yang membedakan seseorang dengan yang lain sehingga orang yang berkarakter adalah orang yang berkepribadian, berperilaku, bersifat, bertabiat, atau berwatak tertentu, dan watak tersebut yang membedakan dirinya dengan orang lain. Penelitian ini bertujuan mengetahui peranan guru Pendidikan Agama Islam dalam pembentukan karakter peserta didik kelas VII di SMP Negeri 1 Suppa Kabupaten Pinrang. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun analisis data yang digunakan dengan tehknik deskriptif yaitu mendeskripsikan mengenai peranan guru Pendidikan Agama Islam dalam pembentukan karakter perserta didik kelas VII di SMP Negeri 1 Suppa Kabupaten Pinrang. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Peranan guru Pendidikan Agama Islam dalam pembentukan karakter peserta didik, yaitu (1) Guru memberikan bimbingan, kepada peserta didik agar memiliki karakter yang baik, memberikan motivasi kepada peserta didik berupa mendidik, mengarahkan, melatih, menilai, dan mengevaluasi peserta didik untuk membuat suatu pekerjaan supaya berakhlak baik, bekerja sama dan tolong menolong, melaksanakan perintah dan menjauhi larangan Agama. (2) Guru mengembangkan metode pembelajaran yang bervariasi dan memberikan tugas yang berbeda-beda kepada peserta didik. Adapun faktor-faktor yang menghambat guru Pendidikan Agama Islam dalam pembentukan karakter peserta didik, yaitu (1) Faktor internal yaitu kurangnya minat belajar peserta didik. (2) Faktor eksternal, yaitu kurangnya perhatian orang tua, dan kurangnya pengetahuan terhadap pengaruh lingkungan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Subhan Saleh
Date Deposited: 04 Sep 2019 22:26
Last Modified: 04 Sep 2019 22:26
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/699

Actions (login required)

View Item View Item