Pengaruh Kondisi Ekonomi Orang Tua terhadap Motivasi Belajar Pendidikan Agama Islam Peserta Didik di SMA Negeri 4 Sidenreng Rappang

Yusuf, Yusliani (2019) Pengaruh Kondisi Ekonomi Orang Tua terhadap Motivasi Belajar Pendidikan Agama Islam Peserta Didik di SMA Negeri 4 Sidenreng Rappang. Undergraduate thesis, IAIN Parepare.

[img]
Preview
Text (Full text)
14.1100.015.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (9MB) | Preview

Abstract

INDONESIA :

Kondisi ekonomi orang tua adalah suatu keadaan ekonomi orang tua yang menyangkut perekonomian keluarga dalam masyarakat serta usahanya menciptakan barang dan jasa demi terpenuhinya kebutuhan baik kebutuhan jasmani maupun kebutuhan rohani. Motivasi belajar Pendidikan Agama Islam adalah suatu dorongan dari dalam maupun dari luar diri peserta didik yang dapat menggerakkannya untuk lebih giat dalam melakukan kegiatan belajar mata pelajaran Pendidikan Agama Islam agar dapat mencapai tujuan yang diinginkan yang ditandai dengan adanya perubahan baik dari aspek kognitif, afektif, maupun psikomotorik.

Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh kondisi ekonomi orang tua terhadap motivasi belajar Pendidikan Agama Islam peserta didik di SMA Negeri 4 Sidenreng Rappang. Jenis penelitian ini adalah field research dengan desain kuantitatif asosiatif. Adapun teknik pengumpulan data yaitu angket dan dokumentasi dengan teknik analisis deskriptif dan inferensial.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Kondisi ekonomi orang tua peserta didik di SMA Negeri 4 Sidenreng Rappang termasuk kategori kurang baik dengan angka presentasi yaitu 59.3%. (2) Motivasi belajar Pendidikan Agama Islam peserta didik termasuk kategori cukup dengan angka presentasi yaitu 63.4%. (3) Terdapat hubungan yang signifikan antara kondisi ekonomi orang tua tehadap motivasi belajar Pendidikan Agama Islam peserta didik di SMA Negeri 4 Sidenreng Rappang berdasarkan perbandingan = 0.827 ≥ = 0.213 pada taraf signifikan 5%. (4) Terdapat pengaruh yang signifikan antara kondisi ekonomi orang tua tehadap motivasi belajar Pendidikan Agama Islam peserta didik di SMA Negeri 4 Sidenreng Rappang berdasarkan nilai R Square atau r2 (koefisien determinasi) = 0.8272. = 0.684 x 100% = 68.4%. Hal ini berarti bahwa kondisi ekonomi orang tua memberi kontribusi positif terhadap motivasi belajar Pendidikan Agama Islam peserta didik di SMA Negeri 4 Sidenreng Rappang sebesar 68.4 %, sedangkan 31.6% motivasi belajar Pendidikan Agama Islam peserta didik di SMA Negeri 4 Sidenreng Rappang dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti oleh peneliti.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Arwin Arwin
Date Deposited: 04 Sep 2019 21:35
Last Modified: 04 Sep 2019 21:35
URI: http://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/694

Actions (login required)

View Item View Item