Nurfazirah, Nurfazirah (2018) Efektivitas Model Pembelajaran Cooperative Tipe Numbered Head Together Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Peserta Didik SMPN 1 Duampanua. Undergraduate thesis, IAIN Parepare.

[thumbnail of Full text]
Preview
Text (Full text)
14.1100.009.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (6MB) | Preview

Abstract

INDONESIA : Tujuan penelitian ini untuk mengetahui efektivitas penggunaan model pembelajaran cooperative tipe numbered head together dalam meningkatkan hasil belajar Pendidikan Agama Islam peserta didik SMPN 1 Duampanua. Model pembelajaran cooperative tipe numbered head together dapat meningkatkan keaktifan belajar lebih baik dengan mengedepankan aktivitas peserta didik dalam mencari, mengelola dan melaporkan informasi dari berbagai sumber yang akhirnya akan dipresentasikan. Dengan menggunakan model pembelajaran ini diharapkan dapat meningkatkan hasil belajar Pendidikan Agama Islam peserta didik di SMPN 1 Duampanua. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan quasi eksperiment designs dan instrument pengumpulan data menggunakan observasi, tes dan dokumentasi. Adapun teknik analisis datanya yaitu menggunakan uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Penggunaan model pembelajaran cooperative tipe numbered head together dapat meningkatkan hasil belajar Pendidikan Agama Islam peserta didik. (2) Hasil belajar peserta didik mengalami peningkatan yang signifikan ini terlihat pada saat pretest nilai rata-rata peserta didik yaitu 12,5 setelah diberikan treatment dan diberi post-test nilai rata-rata peserta didik meningkat menjadi 72,63. (3) Model pembelajaran cooperative tipe numbered head together efektif dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik ini dibuktikan dengan nilai t hitung ≥ t tabel, di mana t hitung=2,583 ≥ t tabel=2,001 sehingga hipotesis dapat diterima dan ini berarti Efektivitas Model Pembelajaran Cooperative Tipe Numbered Head Together dapat Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Peserta Didik SMPN 1 Duampanua.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Arwin Arwin
Date Deposited: 04 Sep 2019 17:41
Last Modified: 04 Sep 2019 17:41
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/688

Actions (login required)

View Item View Item