Efektifitas Pembelajaran Akidah Akhlak dalam Mengatasi Kemerosotan Moral Peserta Didik di MAN 1 Parepare

Hidayah, Magfiraratul (2018) Efektifitas Pembelajaran Akidah Akhlak dalam Mengatasi Kemerosotan Moral Peserta Didik di MAN 1 Parepare. Undergraduate thesis, IAIN Parepare.

[img]
Preview
Text (Full text)
14.1100.006.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (13MB) | Preview

Abstract

INDONESIA :

Sebagai calon pendidik yang professional, seorang pendidik harus mampu memiliki ide-ide yang dapat meningkatkan kreativitas dirinya sendiri dalam mengajar sehingga pembelajaran dapat berjalan dengan baik dan efektif khususnya pada pembelajaran akidah akhlak. Pendidikan akidah akhlak adalah salah satu hal yang harus dibenahi dalam diri peserta didik bagaimana peserta didik mampu memahami, menghayati, melaksanakan atau mengaplikasikan hasil proses pembelajaran. Melihat kondisi saat ini, seiring berjalannya waktu generasi kita ini terutama kalangan pelajar sudah mengalami penurunan atau kemerosotan moral. Hal demikianlah yang membuat penulis tertarik untuk meneliti efektivitas pembelajaran akidah akhlak dalam mengatasi kemerosotan moral peserta didik di MAN 1 Parepare.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui “Efektivitas pembelajaran akidah akhlak dalam mengatasi kemerosota moral peserta didik”. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yaitu deskriptif kualitatif dalam pengumpulan data peneliti menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data bersifat induktif yakni suatu analisis data yang pola pengembangannya dari khusus ke umum yang penarikan kesimpulannya secara umum terkait dengan Efektivitas Pembelajaran Akidah Akhlak dalam Mengatasi Kemerosotan Moral Peserta Didik di MAN 1 Parepare.

Hasil penelitiaan ini menunjukkan bahwa efektivitas pembelajaran akidah akhlak dalam mengatasi kemerosotan moral peserta didik di MAN 1 Parepare sudah efektif, dilihat dari proses pembelajaran di dalam kelas dan perilaku keseharian peserta didik yang sudah menunjukkan perilaku terpuji, di mana peseta didik yang dulunya banyak melakukan penyimpangan-penyimpangan yaitu kurangnya rasa hormat dan sopan santun kepada guru, seringnya menggunakan bahasa yang kurang baik dalam berkomunikasi dan menguatnya budaya ketidak jujuran dan saat ini sudah mengalami perubahan ke yang lebih baik

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Arwin Arwin
Date Deposited: 04 Sep 2019 17:41
Last Modified: 04 Sep 2019 17:41
URI: http://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/685

Actions (login required)

View Item View Item