Djumaddin, Nurmujahidah (2018) Hubungan antara Keterampilan Guru Pendidikan Agama Islam dalam Pengelolaan Kelas dengan Penciptaan Suasana Belajar Menyenangkan di SMP Negeri 1 Mattirobulu. Undergraduate thesis, IAIN Parepare.

[thumbnail of Full text]
Preview
Text (Full text)
14.1100.003.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (7MB) | Preview

Abstract

INDONESIA : Keterampilan pengelolaan kelas adalah kecakapan yang harus dikuasai oleh seorang guru kaitannya dengan strategi untuk menciptakan pengoptimalan pembelajaran. Pembelajaran menyenangkan merupakan suatu proses pembelajaran yang di dalamnya terdapat suatu keserasian hubungan yang kuat antara guru dan peserta didik, tanpa ada perasaan terpaksa atau tertekan. Penelitian ini bertujuan mengetahui hubungan antara keterampilan guru pendidikan Agama Islam dalam pengelolaan kelas dengan penciptaan suasana belajar menyenangkan di SMP Negeri 1 Mattirobulu. Jenis penelitian ini adalah asosiatif kuantitatif dengan desain kuantitatif korelasional. Adapun teknik pengumpulan data yaitu observasi, dan angket. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriftif dan inferensial. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) keterampilan guru pendidikan agama Islam dalam pengelolaan kelas termasuk kategori tinggi dengan angka persentasi yaitu 81 %. (2) Penciptaan suasana belajar menyenangkan peserta didik termasuk kategori tinggi dengan angka persentasi yaitu 80%. (3) Terdapat hubungan yang signifikan antara keterampilan guru pendidikan agama Islam dalam pengelolaan kelas dengan penciptaan suasana belajar menyenangkan peserta didik, yang dibuktikan melalui hasil analisis data dari hasil angket dengan nila signifikansi = ≥ = 0.194 pada taraf signifikan 5%. besarnya hubungan anatara keterampilan guru pendidikan agama Islam dalam pengelolaan kelas dengan penciptaan suasana belajar menyenangkan adalah sebesar 0.84 atau 84%, dalam artian bahwa 16% lainnya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diamati dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Arwin Arwin
Date Deposited: 02 Sep 2019 19:06
Last Modified: 02 Sep 2019 19:06
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/678

Actions (login required)

View Item View Item