Mandayani, Pheby (2019) Pengaruh Penggunaan LCD Berbasis Aplikasi Power Point Terhadap Peningkatan Minat Belajar Peserta Didik Kelas XI Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak di MAN Sidrap. Undergraduate thesis, IAIN Parepare.

[thumbnail of Full text]
Preview
Text (Full text)
14.1100.167.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (5MB) | Preview

Abstract

INDONESIA : LCD (Liquid Crystal Display) adalah alat bantu yang sering digunakan untuk media prsentase, karena mampu menampilkan gambar dengan ukuran besar, disamping itu LCD juga banyak digunakan oleh kalangan perkantoran, pebisnis, pendidik, peserta didik untuk presentasi. Sedangkan Aplikasi power point adalah sofware yang akan membantu dalam menyusun sebuah presentasi yamg efektif, aplikasi power point juga membantu dalam pembuatan slide, outline, presentase, menampilkan slide yang dinamis, termasuk clipt art yang menarik, yang semuanya itu mudah ditampilkan dilayar monitor komputer melalui LCD. Minat belajar adalah suatu kegemaran atau keiginan akan sesuatu, baik itu benda maupun kegiatan tertentu. Minat adalah suatu rasa lebih suka dan rasa keterkaitan pada suatu hal atay aktivitas, tanpa ada yang menuruh seperti halnya dalam proses pembelajaran. Tidak adanya minat terhadap suatu pelajaran akan timbul kesulitan belajar. Jenis penelitian ini adalah asosiatif kuantitatif dengan desain kuantitatif koresional. Adapun sampel penelitian sebanyak 73 responden dari 128 populasi. Teknik pengambilan sampel adalah teknik sampling porposive atau sampel bertujuan, yaitu teknik penentuan sampel berdasarkan pertimbangan tertentu. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis statistik deskriftif dan infrensial Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Penggunaan LCD berbasis aplikasi power point presentation yang dibuktikan dengan Angket diperoleh 83,5% dan berada pada kategori tinggi. (2) Minat belajar berdasarkan hasil uji hipotesis yang dibuktikan dengan angket diperoleh 86,0% dan berada pada kategori tinggi. (3) Hubungan signifikan yang positif antara penggunaan LCD berbasis aplikasi power point presentation dengan minat belajar diperoleh nilai rhitung (0,442) > rtabel (0,230), dengan demikian Ha diterima. Jadi, dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara penggunaan LCD berbasis aplikasi power point presentation dengan minat belajar peserta didik di MAN Sidrap Kec. Baranti Kab. Sidrap. (4) Pengaruh penggunaan LCD berbasis aplikasi power point presentation terhadap peningkatan minat belajar peserta didik kelas XI pada mata pelajaran Akidah Akhlak di MAN Sidrap Kecamatan Baranti Kabupaten Sidrap , maka regresi sederhana diperoleh nilai R (koefisien korelasi) adalah 0,442, sehingga nilai R square atau R2 (koefisien determinasi) diperoleh 0,4422 = 0,195 x 100% = 19,5%. Nilai R2 sebesar 19,5% tersebut menunjukkan bahwa pengaruh variabel penggunaan LCD berbasis aplikasi power point terhadap minat belajar adalah sebesar 19,5% dan 80,5 % dipengaruhi oleh variabel yang tidak diteliti oleh penulis.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Subhan Saleh
Date Deposited: 01 Sep 2019 23:31
Last Modified: 01 Sep 2019 23:31
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/676

Actions (login required)

View Item View Item