Budaya Salam Terhadap Tumbuhnya Nilai-nilai Keislaman Antar Mahasiswa IAIN Parepare

Nuraini, Herni (2018) Budaya Salam Terhadap Tumbuhnya Nilai-nilai Keislaman Antar Mahasiswa IAIN Parepare. Undergraduate thesis, IAIN Parepare.

[img]
Preview
Text (Full text)
14.3100.029.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (6MB) | Preview

Abstract

INDONESIA :

Penelitian ini fokus pada budaya salam terhadap tumbuhnya nilai-nilai keislaman antar mahasiswa IAIN Parepare khususnya tokoh-tokoh mahasiswa maupun kelompok-kelompok kecil yang mewakili. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui faktor pemicu dalam ucapan memberi salam itu sudah jarang dan untuk mengetahui perkembangan budaya salam terhadap pengembangan atau tumbuhnya nilai-nilai keislaman melalui sejumlah konteks atau setting.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Dalam pengumpulan data menggunakan metode observasi dan wawancara, dimana lokasi penelitian dilakukan di Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Parepare dan sebagai objek penelitiannya adalah tokoh-tokoh mahasiswa dan kelompok-kelompok kecil yang mewakili.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat beberapa faktor yang memicu mahasiswa IAIN Parepare khususnya tokoh-tokoh mahasiswa maupun kelompok-kelompok kecil yang mewakili dalam ucapan salam terhadap sesama, seperti adanya rasa malu, canggung terhadap sesama, takut dikatakan sok alim, bahkan karena adanya faktor zaman seperti meningkatnya pergaulan, semakin pesatnya perkembangan media. Sementara perkembangan budaya salam juga memengaruhi terhadap pengembangan atau tumbuhnya nilai-nilai keislaman yaitu semakin menurunnya budaya salam tersebut khususnya di kalangan kampus IAIN Parepare.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Divisions: Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Subhan Saleh
Date Deposited: 01 Sep 2019 22:40
Last Modified: 01 Sep 2019 22:40
URI: http://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/674

Actions (login required)

View Item View Item