Darwansyah, Darwansyah (2018) Implementasi Strategi Ekspositori dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam untuk Meningkatkan Kesadaran Beragama Peserta Didik Kelas XI SMA Negeri 5 Sidrap. Undergraduate thesis, IAIN Parepare.

[thumbnail of Full text]
Preview
Text (Full text)
14.1100.001.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (7MB) | Preview

Abstract

INDONESIA : Salah satu strategi yang masih banyak mewarnai proses pembelajaran di sekolah adalah strategi ekspositori. Melalui strategi ini, pendidik menyampaikan materi pembelajaran secara verbal atau bertutur secara lisan dengan harapan bahwa apa yang disampaikan dapat dikuasai peserta didik dengan baik. Strategi ekspositori merupakan pendekatan pembelajaran yang berorientasi pada pendidik sehingga peran pendidik sangat dominan dalam pembelajaran untuk memberikan pemahaman, nilai-nilai, dan keterampilan kepada peserta didik. Sehingga melalui penuturan pendidik dalam pembelajaran PAI seyongyanya dapat meningkatkan kesadaran beragama peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi strategi ekspositori dalam pembelajaran pendidikan agama Islam untuk meningkatkan kesadaran beragama peserta didik kelas XI SMA Negeri 5 Sidrap. Adapun pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan deskriptif kualitatif yang menggunakan metode pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah metode induktif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui implementasi strategi ekspositori dalam pembelajaran pendidikan agama Islam dapat meningkatkan kesadaran beragama peserta didik, baik dari sisi indikator peribadatan, pengamalan, maupun pengetahuan. Meskipun dalam beberapa hal dari item kesadaran beragama yang diteliti masih ada yang belum meningkat dengan baik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Arwin Arwin
Date Deposited: 30 Aug 2019 00:14
Last Modified: 30 Aug 2019 00:14
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/673

Actions (login required)

View Item View Item