Analisis Retorika Dakwah Program “Islam Itu Indah” Di Trans TV (Episode Jodoh Salah Alamat)

Asib, Misrawati (2019) Analisis Retorika Dakwah Program “Islam Itu Indah” Di Trans TV (Episode Jodoh Salah Alamat). Undergraduate thesis, IAIN Parepare.

[img]
Preview
Text (Full text)
14.3100.001.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (6MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui analisis retorika dakwah program “Islam Itu Indah” dalam episode jodoh salah alamat. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif . sumber data dalam penelitian ini adalah sumber data primer dan sekunder. Dimana data primer yaitu video “Islam itu indah” dalam episode jodoh salah alamat yang tayang pada 26 april 2013 diTrans TV. Teknik pengumpulan data adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yaitu dengan mengamati tayangan Islam Itu Indah episode jodoh salah alamat dari internet, foto yang digunakan sebagai informasi tambahan.

Hasil penelitian ini, menunjukkan bahwa program Islam Itu Indah dalam episode jodoh salah dengan menggunakan analisis teori Retorika, dalam video tersebut, dari segi penciptaan, terkait dengan kategori ini peneliti menemukan bahwa ceramah tersebut memaparkan bagaimana Ustadz Maulana menjelaskan perihal jodoh, dimana pada dasarnya soal jodoh tidak ada yang salah alamat hanya saja bagaimana kita memilih dengan menerima ketentuan Allah, segi pengaturan bagaimana seorang Ustadz Maulana mengatur pesan dengan menggunakan simbol dan kata atau konteks ceramah untuk menyatukan gagasan yang diduga nantinya akan menimbulkan efek bagi audience. Segi gaya (style) Ustadz Maulana dalam menyampaikan ceramahnya dengan menggunakan beberapa pendekatan dalam kategori komunikasi nonverbal, beragam cara yang digunakan untuk menyampaikan pesannya dengan vocal atau paralanguange,kinesics yang mencakup gerakan tubuh, lengan dan kaki serta ekpresi wajah, perilaku mata, lingkungan yang mencakup objek benda dan artifak, proxemics yang merupakan ruang dan teritori pribadi, serta haptics (sentuhan), penampilan fisik (tubuh dan cara berpakaian), chronemics (waktu) dan olfaction (bau). Segi penyampaian (delivery) melibatkan secara vocal dan fisik dalam menyampaikan pesan ceramahnya, lebih kepada komunikasi kinesics dengan mempresentasikan secara menarik dan powerfull. Segi Ingtan (memory) bagaimana seorang audience menemukan jawaban dengan apa disampaikan oleh da’i sehingga ada pemanggilan kembali dari memorinya dimana terkait dengan kisah yang telah di berikan

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: retorika, dakwah, program TV
Divisions: Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Afidatul Asmar
Date Deposited: 24 Sep 2019 23:03
Last Modified: 24 Sep 2019 23:03
URI: http://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/664

Actions (login required)

View Item View Item