Ilham, Ilham (2019) Perbandingan Kemampuan Membaca Al-Qur’an dengan Menggunakan Metode Iqra’ dan Metode Bagdadiyah pada Peserta Didik di SD Negeri 200 Membaliang, Kec. Lembang, Kabupaten Pinrang. Undergraduate thesis, IAIN Parepare.

[thumbnail of Full text]
Preview
Text (Full text)
13.1100.048.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (6MB) | Preview

Abstract

INDONESIA : Kemampuan membaca Al-Qur’an adalah pintu untuk memahami ajaran Agama Islam sehingga harus diajarkan sedini mungkin kepada anak-anak dalam hal ini peserta didik yang ada pada SD negeri 200 Membaliang. Dari hasil pendalaman muncul dua metode yang digunakan warga setempat dalam proses pembelajaran, sehingga peneliti tertarik untuk membandingkan keduanya. Untuk itu tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana perbandingan kemampuan membaca Al-Qur’an dengan menggunakan metode Iqra’ dan Bagdadiyah pada peserta didik di SD Negeri 200 Membaliang, Kec. Lembang, Kabupaten Pinrang. Penelitian ini menggunakan pendekatan Kuantitatif dan dalam pengumpulan data digunakan metode observasi dan tes. Adapun teknik analisis datanya yaitu analisis data komparatif dengan pengujian t-test menggunakan rumus Separated Varian yang membandingkan kemampuan membaca Al-Qur’an dengan menggunakan metode Iqra’ dan Bagdadiyah pada peserta didik di SD Negeri 200 Membaliang, Kec. Lembang, Kabupaten Pinrang. Hasil analisis data menunjukkan bahwa thitung adalah 0,95. Dengan taraf signifikan ἀ= 0,05 karena uji dua sisi, maka nilai ἀ/2 = 0.05/2 = 0.025. kemudian dicari ttabel pada tabel distribusi –t dengan ketentuan: db = n-2, db = 34-2 = 32 sehingga t(ἀ, db) = t(0.025, 32) = 2,042. Dalam hal ini berlaku ketentuan bahwa jika -ttabel ≤ thitung ≤ ttabel ( -2,042 < 0.95 < 2,042), maka Ho diterima dan Ha ditolak yang berarti bahwa tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara kemampuan membaca Al-Qur’an dengan menggunakan metode Iqra’ dan Bagdadiyah pada peserta didik di SD Negeri 200 Membaliang, Kec. Lembang, Kabupaten Pinrang.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Arwin Arwin
Date Deposited: 28 Aug 2019 23:31
Last Modified: 28 Aug 2019 23:31
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/661

Actions (login required)

View Item View Item