Strategi Ikatan Pelajar Nadhatul Ulama Dalam Penanggulangan Kenakalan Remaja di Kota Parepare.

Sahar, Syahriani (2018) Strategi Ikatan Pelajar Nadhatul Ulama Dalam Penanggulangan Kenakalan Remaja di Kota Parepare. Undergraduate thesis, IAIN Parepare.

[img]
Preview
Text (Full text)
14.3300.017.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB) | Preview

Abstract

INDONESIA :

Penanggulangan kenakalan remaja dapat ditempuh dengan berbagai tindakan seperti tindakan preventif, tindakan represif dan tindakan kuratif untuk membentuk kepercayaan diri, kepribadian dan tanggungjawab moral dan teguh dalam keimanan. Penanggulangan juga penting dibarengi dengan strategi agar apa yang diharapkan dapat terselesaikan dengan efektif dan efesien melalui perumusan strategi dengan berbagai masalah kenakalan remaja yang ada di kota Parepare dengan diterapkannya analisis SWOT.

Penelitian ini adalah model deskriftif kualitatif, yaitu suatu model penelitian yang bertujuan untuk memberikan gambaran dari fenomena-fenomena secara faktual dengan menggunakan pendekatan observasi, wawancara dan dokumentasi untuk memperoleh data dilapangan. Penelitian ini pula bertujuan untuk memberikan informasi sebagai bahan rujukan bagi masyarakat secara umum tentang kenakalan remaja dan metode penanggulangannya.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa kondisi kenakalan remaja yang ada di kota Parepare tidak jauh berbeda dengan apa yang tengah dihadapi oleh kota-kota besar lainnya, persoalan pergaulan bebas, penyalahgunaan obat-obatan terlarang serta doktrin radikal menjadi persoalan serius untuk sesegera mungkin diselesaikan, maka dengan kehadiran organisasi ditengah masyarakat seperti IPNU adalah sebuah solusi cerdas yang dianggap mampu memberikan pengarahan kepada kalangan remaja, mengingat bahwa orientasi training dan pendidikan mereka lebih diarahkan kepada kalangan remaja dan sekolah-sekolah. Pemberian pemahaman dan pendekatan serta pendidikan dan latihan yang melibatkan remaja dianggap mampu memberikan perubahan signifikan pada kalangan remaja agar nantinya tumbuh sikaf rasa percaya diri, keimanan yang kokoh serta tanggungjawab sosial yang dikedepankan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Divisions: Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Program Studi Manajemen Dakwah
Depositing User: Subhan Saleh
Date Deposited: 25 Aug 2019 23:14
Last Modified: 25 Aug 2019 23:14
URI: http://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/646

Actions (login required)

View Item View Item