Urgensi Manajemen Terhadap Pelayanan Dana Haji (Studi Pada Bank Syariah Mandiri Cabang Kota Parepare)

Ibrahim, Yuliana (2018) Urgensi Manajemen Terhadap Pelayanan Dana Haji (Studi Pada Bank Syariah Mandiri Cabang Kota Parepare). Undergraduate thesis, IAIN Parepare.

[img]
Preview
Text (Full text)
14.3300.004.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB) | Preview

Abstract

INDONESIA :

Tingginya minat masyarakat terhadap produk dan jasa lembaga keuangan khususnya bank diikuti semakin selektifnya masyarakat dalam memilih lembaga keuangan. Ini dilakukan masyarakat untuk menjamin produk yang terproteksi dan berkualitas. Hanya lembaga keuangan yang memiliki komitmen tinggi dan terpercaya yang akan dipilih oleh masyarakat. Kesuksesan sebuah lembaga keuangan ditandai dengan banyaknya konsumen yang loyal terhadapnya. Ketika konsumen loyal terhadap perusahaan atau lembaga keuangan, konsumen akan cenderung untuk membeli dan menggunakan, bahkan melakukan pembelian ulang untuk produk atau jasa perusahaan. Konsumen memiliki tingkat loyalitas yang tinggi dapat dilihat dari penggunaan suatu produk atau jasa secara terus-menerus. Kantor Cabang Pembantu (KCP) Bank Syariah Mandiri Kota Parepare merupakan Bank yang didirikan pada tahun 2010 yang mana tingkat presentasi minat masyarakat terhadap produk haji yang ditawarkan masih terbilang sedikit, untuk itu penulis bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan manajemen pelayanan terhadap dana haji yang dilakukan oleh pihak Bank Syariah Mandiri Cabang Kota Parepare terhadap calon jamaah haji.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Pendekatan kualitatif ini bermaksud untuk membedakan fenomena dengan menggunkan beberapa teori, memahami fenomena dengan apa yang dialami misalnya, persepsi, minat, motivasi, tindakan, baik secara tertulis maupun tidak tertulis.Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu, penelitian lapangan (field research) seperti,wawancara, observasi dan dokumentasi, adapun teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu, analisis induktif. Untuk menguji keabsahan data dilakukuan melalui trianggulasi data, trianggulasi metode dan trianggulasi teori.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Manajemen pelayanan dana haji yang dilakukan oleh pihak Bank Mandiri Syariah kepada para calon jamaah haji sepenuhnya sudah dikata maksimal dalam memberikan pelayanan karena hal ini dapat dilihat melalui teori manajemen Pelayanan dan teori kontemporer yang diterapkan dalam penelitian ini, sudah hampir terpenuhi hanya saja dari segi promosi produk tabungan haji, Bank Syariah Mandiri masih kurang karena belum bisa meyakinkan publik, untuk itu masyarakat khususnya pada Kota Parepare kurang mengetahui informasi yang terkait mengenai produk tabungan haji pada KCP Bank Syariah Mandiri Kota parepare.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Divisions: Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Program Studi Manajemen Dakwah
Depositing User: Subhan Saleh
Date Deposited: 25 Aug 2019 22:53
Last Modified: 25 Aug 2019 22:53
URI: http://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/643

Actions (login required)

View Item View Item