Kemampuan Literasi Media Sosial Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) Kabupaten Pinrang Terhadap Penyebaran Informasi Hoax

Humaera, Hayyu (2018) Kemampuan Literasi Media Sosial Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) Kabupaten Pinrang Terhadap Penyebaran Informasi Hoax. Undergraduate thesis, IAIN Parepare.

[img]
Preview
Text (Full text)
14.3100.024.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (6MB) | Preview

Abstract

INDONESIA :

Media sosial dan informasi hoax menjadi hal sepaket yang hadir di tengah masyarakat. Kurangnya pengetahuan akan membawa dampak yang buruk. Sehingga, Kelompok Informasi Masyarakat hadir sebagai duta informasi memiliki peran dalam memilah informasi yang layak untuk masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemahaman media sosial dan pemahaman informasi hoax anggota Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) agar dapat mengoptimalkan tugas dan fungsinya sebagai lembaga peningkatan literasi media informasi masyarakat.

Metode penelitian yang digunakan yaitu pendekatan kualitatif dengan menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi untuk mengumpulkan data terkait sikap informan terhadap informasi hoax dan pemahamannya terhadap media. Penelitian ini dilakukan di Kabupaten Pinrang dengan memilih KIM dari Kecamatan Watang Sawitto, Kecamatan Paleteang, Kecamatan Lanrisang, Kecamatan Suppa dan Kecamatan Mattirobulu dengan tetap berkoordinasi dengan Dinas Komunikasi dan Informatika sebagai lembaga yang menaungi.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa informan belum sepenuhnya memiliki kemampuan literasi media berdasarkan unit analisis kemampuan literasi media Jenkis. Kemampuan play, negotiation dan simulation dimiliki semua informan, approptiation tidak dimiliki oleh satu informan pun, judgment tidak dimiliki oleh satu informan. Sementara kemampuan memahami hoax hanya sebatas pengertian secara umum namun tidak mengetahui ciri – ciri hoax secara detail. Sehingga dalam penelitian didapatkan salah satu anggota KIM mengirimkan informasi hoax jenis hadiah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Divisions: Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Subhan Saleh
Date Deposited: 25 Aug 2019 22:25
Last Modified: 25 Aug 2019 22:25
URI: http://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/641

Actions (login required)

View Item View Item