Program Pembimbingan pada Majelis Taklim Sanggar Iqra dalam Pemberdayaan Keluarga Sakinah di Kecamatan Lanrisang Kabupaten Pinrang

Anggreni, Ririn (2018) Program Pembimbingan pada Majelis Taklim Sanggar Iqra dalam Pemberdayaan Keluarga Sakinah di Kecamatan Lanrisang Kabupaten Pinrang. Undergraduate thesis, IAIN Parepare.

[img]
Preview
Text (Fulltext)
14.3200.022.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (9MB) | Preview

Abstract

INDONESIA :

Perkembangan era globalisasi saat ini, majelis taklim tumbuh berkembang dikalangan masyarakat Islam yang kepentingannya adalah untuk kemaslahatan umat manusia. Keberadaan majelis taklim merupakan suatu komunitas muslim secara khusus menyelenggarakan pembinaan dan pengajaran agama Islam. Majelis taklim dikenal diberbagai tempat dengan istilah yang berbeda-beda, seperti pengajian, taman pendidikan, kursus agama Islam dan lain-lain. Majelis taklim merupakan lembaga swadya masyarakat. Dilahirkan ,dipelihara, dikembangkan dan didukung oleh anggotanya. Olehnya itu, majelis taklim merupakan wadah masyarakat untuk memenuhi kebutuhan mereka sendiri dalam hal membina, membangun, membentuk keluarga sakinah.

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana program pembimbingan pada majelis taklim Sanggar Iqra dalam pemberdayaan keluarga sakinah di Kecamatan Lanrisang Kabupaten Pinrang dan untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat program pembimbingan pada majelis taklim Sanggar Iqra dalam pemberdayaan keluarga sakinah di Kecamatan Lanrisang Kabupaten Pinrang. Penelitian ini menggunakan metode observasi, wawancara, dokumentasi dan kepustakaan. Adapun teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah analisis data kualitatif model Miles dan Huberman yaitu ada tiga macam kegiatan dalam analisis data kualitatif yaitu reduksi data, model data (display data), pengambilan keputusan dan verifikasi dan keabsahan data.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa program pembimbingan pada majelis taklim Sanggar Iqra dalam pemberdayaan keluarga sakinah di Kecamatan Lanrisang Kabupaten Pinrang adalah bidang pendidikan, bidang pekerjaan, bidang sikap dan nilai, bidang kesehatan jasmani dan rohani. Faktor pendukung dan faktor penghambat Majelis Taklim Sanggar Iqra di Kecamatan Lanrisang Kabupaten Pinrang. Faktor pendukung diantaranya: Masyarakat di Kecamatan Lanrisang 100% beragama Islam, adanya dukungan dari suami,, Penceramah atau Mubaliq, motivasi yang kuat dari pengurus/pembimbing Majelis Taklim Sanggar Iqra.Sedangkan faktor penghambat diantaranya: Minimnya Bantuan dari Pemerintah, kurangnya Penceramah/Mubaliq Perempuan,rendahnya minat ibu-ibu untuk mengikuti kegiatan Majelis Taklim, adanya perbedaan tingkat pendidikan, waktu yang diberikan kurang efektif untuk menyampaikan ceramah. Hasil pelaksanaannya terbukti dengan semakin tingginya tingkat kesadaran dan bertambahnya pengetahuan masyarakat mengenai keagamaan dan juga bertambahnya minat masyarakat karena mendapatkan dukungan dari suami sehingga ibu-ibu lebih bersemangat untuk melaksanakan kedua urusannya. Pengurus majelis taklim pun lebih bersemangat karena didukung oleh minatnya masyarakat mengikuti kegiatan majelis taklim.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Divisions: Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Program Studi Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: Subhan Saleh
Date Deposited: 19 Aug 2019 19:02
Last Modified: 19 Aug 2019 19:02
URI: http://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/628

Actions (login required)

View Item View Item