Konstruksi keluarga sakinah persepektif hukum Islam (Studi KUA di Parepare)

Andriani, Deby Dwi (2018) Konstruksi keluarga sakinah persepektif hukum Islam (Studi KUA di Parepare). Undergraduate thesis, IAIN Parepare.

[img]
Preview
Text (Fulltext)
14.2100.007.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

INDONESIA :

Penelitian ini membahas konstruksi keluarga sakinah perspektif hukum Islam. Penelitian ini mengajukan tiga permasalahan yang perlu direspon, yaitu: 1) bagaimana pandangan kepala KUA Parepare tentang keluarga sakinah; 2) bagaimana kenyataan sosial perkawinan dalam masyarakat Kota Parepare, dan 3) bagaimana penerapan hukum Islam di KUA Kota Parepare dalam mewujudkan keluarga sakinah.

Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif, melalui pendekatan teologis normatif, yuridis formil dan teologis sosiologis. Sumber data yang digunakan adalah sumber data primer dan sumber data sekunder melalui observasi, interview, dan dokumentasi. Data yang diperoleh, diolah dengan tehnik reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Adapun jenis analisis datanya menggunakan analisis konten.

Hasil penelitian ini menunjukkan: 1) keluarga sakinah adalah keluarga yang dibina atas perkawinan yang sah serta memenuhi hajat hidup spiritual dan material secara layak dan seimbang; 2) kenyataan sosial perkawinan masyarakat Kota Parepare adalah secara keseluruhan keluarga belum mendapatkan sakinah di dalam rumah tangganya, hal tersebut dapat dilihat dari tingkat perceraian sejak tahun 2015-2017 yang terus mengalami peningkatan. dan 3) penerapan keluarga sakinah di seluruh KUA Kota Parepare berlandaskan pada hukum Islam. Adapun materi-materi pembinaan keluarga sakinah yang telah ditetapkan oleh Direktur Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syariah terbagi menjadi dua modul, yaitu; modul pertama membahas tentang perkawinan dari aspek agama dan peraturan perundangan dan modul kedua membahas tentang perkawinan dari aspek kesehatan, psikologi, pendidikan, dan sosiologi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Divisions: Fakultas Syariah dan Ilmu Hukum Islam > Program Studi Hukum Keluarga Islam
Depositing User: Subhan Saleh
Date Deposited: 08 Jul 2019 18:41
Last Modified: 08 Jul 2019 18:41
URI: http://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/581

Actions (login required)

View Item View Item