Alwi, Andi Muh (2018) Implementasi program baca tulis Al-Qur’an terhadap kemampuan membaca dan kemampuan menulis Al-Qur’an peserta didik kelas VIII MTs As’adiyah No. 3 Atapange Kabupaten Wajo. Undergraduate thesis, IAIN Parepare.

[thumbnail of Fulltext]
Preview
Text (Fulltext)
13.1100.116.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB) | Preview

Abstract

INDONESIA : Implementasi program BTQ adalah suatu rancangan atau usaha yang sedang dilakukan yang di dalamnya terdapat bimbingan dan pembelajaran tentang membaca dan menulis al-Qur’an untuk mencapai tujuan yang diharapkan. Kemampuan membaca al-Qur’an adalah keharusan membaca al-Qur’an beserta tajwidnya yang baik menjadi kemampuan minimal yang harus dimiliki oleh peserta didik dalam membaca al-Qur’an. Kemampuan menulis al-Qur’an adalah aspek yang harus dimiliki peserta didik dalam menulis huruf hijaiyyah. Jenis penelitian ini yakni penelitian asosiatif kuantitatif dengan desain kuantitatif korelasional. Sampel penelitian 49 orang dengan jumlah populasi yang sama pula yakni 49 populasi. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah total sampling, yaitu teknik pengambilan sampel yang di mana semua populasi adalah sampel. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan yakni angket dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data yang digunakan yakni analisis statistik deskriptif dan analisis inferensial dengan menggunakan rumus nilai korelasi secara simultan. Adapun hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Pengaruh Implementasi program BTQ terhadap kemampuan membaca al-Qur’an peserta didik sebesar 31,50% dalam artian 68,5% lainnya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diamati dalam penelitian ini. (2) Pengaruh implementasi program BTQ terhadap kemampuan menulis al-Qur’an peserta didik sebesar, 31,51% artinya 68,49% lainnya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diamati dalam penelitian ini. (3) Secara simultan terdapat pengaruh yang kuat antara Implementasi program BTQ terhadap kemampuan membaca dan kemampuan menulis al-Qur’an peserta didik Kelas VIII MTs As’adiyah No. 3 Atapange Kabupaten Wajo sebesar 65,80% yang berarti Ha diterima dan Ho ditolak, dengan membandingkan hasil perhitungan nilai korelasi secara simultan yaitu 0, 658 > r table 0,281.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Subhan Saleh
Date Deposited: 05 Jul 2019 00:35
Last Modified: 05 Jul 2019 00:35
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/575

Actions (login required)

View Item View Item