Husniah, Husniah (2019) Pengaruh nilai pembelajaran baca tulis Al-Qur’an terhadap nilai mata pelajaran Bahasa Arab kelas VIII MTs DDI Kanang. Undergraduate thesis, IAIN Parepare.

[thumbnail of Fulltext]
Preview
Text (Fulltext)
14.1200.002.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (5MB) | Preview

Abstract

INDONESIA : Nilai pembelajaran baca tulis al-Qur’an merupakan salah satu pembelajaran yang dapat meningkatkan nilai peserta didik dalam menulis dan membaca yang terkait dengan al-Qur’an salah satunya pada mata pelajaran bahasa Arab. Mata pelajaran bahasa Arab merupakan salah satu pelajaran yang wajib diajarkan di MTs DDI Kanang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan nilai pembelajaran baca tulis Al-Qur’an terhadap nilai mata pelajaran bahasa Arab kelas VIII MTs DDI Kanang. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif dengan menggunakan instrument angket, observasi dan dokumentasi. Serta menggunakan tehnik analisis data korelasi produc moment. Berdasarkan tes hipotesis peneliti menggunakan (df) adalah N-2, jadi 40-2= 38, untuk α= 0,05 dan df= 38 pada tabel berjumlah 0,312 Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa nilai pembelajaran baca tulis Al-Qur’an mempunyai hubungan dalam miningkatkan nilai mata pelajaran bahasa Arab peserta didik. Hal ini dibuktikan dengan hasil pengelolaan data dengan uji signifikansi dan iterprestasi korelasi product moment diperoleh nilai r_xy= 0,992 > r_tabel= 0,3120. Pada taraf signifikasi α 5% maka hipotesis alternatif (Ha)diterima.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Subhan Saleh
Date Deposited: 04 Jul 2019 23:34
Last Modified: 04 Jul 2019 23:34
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/573

Actions (login required)

View Item View Item