Syukur dalam perspektif hadis nabi dan pemahaman mahasiswa

Jufri, Muhammad (2008) Syukur dalam perspektif hadis nabi dan pemahaman mahasiswa. KURIOSITAS, 2 (2). pp. 40-54. ISSN 1979-5572

[img]
Preview
Text (Fulltext)
Jufri_Kuriositas.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB) | Preview

Abstract

INDONESIA :

Acuan pokok kajian dalam penelitian ini adalah “Sejauhmana tingkat pengetahuan dan pemahaman dari pembahasan tentang syukur terhadap mahasiswa STAIN Parepare sebagai signifikansi kajian dalam mereduksi ke dalam mata kuliah hadis. Penelitian ini bersifat penelitian eksploratif-deskriptif, yakni mencari adanya hubungan-hubungan baru yang terdapat pada suatu permasalahan yang luas dan kompleks dengan maksud untuk menyusun dan menemukan teori yang menggambarkan karakteristik yang dimiliki objek permasalahan yang diteliti. Menggunakan pendekatan penelitian kualitatif naturalistic, yang biasa disebut dengan metode penelitian kualitatif. Juga akan mempergunakan studi kasus untuk memperoleh gambaran yang realistic-holistik pada kegiatan proses dan capaian pembelajaran. Penelitian ini bersifat kepustakaan (library research) dan lapangan (field research). Hasilnya adalah; (1) penggunaan kata syukur dalam hadis nabi memiliki arti yang berbeda-beda berdasarkan derivasi kemaknaannya, baik ditinjau dari segi etimologi maupun terminologinya. (2) variable syukur sebagai sample dalam capaian pembelajaran terasa penting untuk dijadikan bahan komprehensif untuk mengkaji secara akurat dan mendalam perihal konsep syukur dalam dimensi kesempurnaan silabi mata kuliah hadis. (3) analisis implikatif terhadap bahan ajar tentang variable syukur dalam mata kuliah hadis sebagai capaian pembelajaran memiliki cakupan argumentative yang mendasar dan sistemik. (4) capaian pembelajaran ilmu hadis dan hadis dalam lingkungan STAIN Parepare secara umum telah menampakkan adanya peningkatan akibat adanya upaya yang senantiasa mereduksi dan menciptakan integralisasi ilmu. Dinamisasi pembelajaran hadis telah menjadi focus kajian sebagai sumber hukum dan sumber keilmuan dalam arti yang lebih luas. Implikasi dari hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi bahan pertimbangan bagi civitas akademika dan seluruh jajaran structural dalam mengembangkan bahan ajar mata kuliah hadis dan ulumul hadis pada masing-masing program studi.

Item Type: Journal Article
Depositing User: Subhan Saleh
Date Deposited: 22 May 2019 19:15
Last Modified: 22 May 2019 19:15
URI: http://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/562

Actions (login required)

View Item View Item