Suhra, Suhra (2018) Analisis Kesulitan Belajar Bahasa Arab (Tinjauan Cara Guru Mengajar di Madrasah Aliyah Negeri 1 Parepare). Undergraduate thesis, IAIN Parepare.

[thumbnail of Fulltext]
Preview
Text (Fulltext)
14.1200.011.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (5MB) | Preview

Abstract

INDONESIA : Kesulitan belajar merupakan suatu kondisi dimana peserta didik tidak dapat belajar dengan baik, disebabkan karena adanya gangguan yang dapat menghambat proses belajar peserta didik. Adapun faktor yang dapat menentukan berhasil tidaknya peserta didik dalam belajar yakni dari segi pendekatan yang digunakan oleh guru ketika mengajar. Penggunaan pendekatan pembelajaran dapat mempermudah para guru untuk memberikan pelayanan belajar serta mempermudah peserta didik dalam memahami materi ajar yang disampaikan oleh guru, dengan memelihara suasana pembelajaran yang menyenangkan. Selain pendekatan, yang juga perlu diperhatikan oleh para guru yakni penggunaan metode pembelajaran, khususnya pada mata pelajaran bahasa Arab. Proses belajar mengajar yang baik hendaknya mempergunakan berbagai jenis metode mengajar yang bervariasi agar dapat membantu berbagai kesulitan yang dialami oleh peserta didik dalam belajar. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kesulitan-kesulitan yang dihadapi oleh peserta didik dalam pembelajaran bahasa Arab yakni dari segi pendekatan dan metode yang digunakan oleh guru dalam proses pembelajaran di Madrasah Aliyah Negeri 1 Parepare. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif, menggunakan teknik pengumpulan data observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data bersifat induktif, yakni suatu analisis data yang pola pengembangannya dari khusus ke umum terkait masalah yang diteliti dengan mendeskripsikan suatu gejala, pesristiwa, kejadian yang terjadi di lokasi penelitian. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Kesulitan belajar yang dialami oleh peserta didik dari segi pendekatan yang digunakan guru ketika mengajar yakni pendekatan structural, karena guru menuntut untuk memahami rumus dan istilah-istilah bahasa Arab sedangkan tingkat pemahaman peserta didik yang satu dengan yang lain berbeda. 2) Kesulitan belajar bahasa Arab yang dihadapi oleh peserta didik dari segi tinjauan metode guru mata pelajaran di Madrasah Aliyah Negeri 1 Parepare yakni dari segi metode menghafal. Kesulitan yang di hadapi peserta didik dari metode tersebut, disebabkan kurangnya daya ingat peserta didik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Subhan Saleh
Date Deposited: 24 Mar 2019 23:17
Last Modified: 24 Mar 2019 23:17
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/536

Actions (login required)

View Item View Item