Alip, Muhammad (2018) Hubungan Keterampilan Guru Pendidikan Agama Islam dalam Pengelolaan Kelas dengan Prestasi Belajar Peserta Didik SMA Negeri 2 Pinrang. Undergraduate thesis, IAIN Parepare.

[thumbnail of Fulltext]
Preview
Text (Fulltext)
12.1100.040.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB) | Preview

Abstract

INDONESIA : Penelitian ini membahas Hubungan pengelolaan kelas dengan prestasi belajar peserta didik. Penelitian ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan: (1) Bagaimana pelaksanaan pengelolan kelas di SMA Negri 2 Pinrang ? (2) Bagaimana prestasi belajar peserta didik di SMA Negeri 2 Pinrang ? (3)Apakah ada hubungan keterampilan guru pendidikan agama islam dalam mengelolah kelas dengan prestasi belajar peserta didik di SMA Negeri 2 Pinrang ? Penelitian ini menggunakan desain penelitian kuantitatif korelasional, dengan populasi 308 orang dan sampel sebanyak 62 orang menggunakan teknik pengambilan sampel adalah purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan mengguna kan teknik observasi, dokumentasi dan angket.Untuk memperoleh data variabel X yaitu keterampilan guru pendidikan agama islam dalam mengelola kelas dengan menggunakan angket skala likert, untuk memperoleh data variabel Y yaitu prestasi belajar peserta didik dengan menggunakan dokumentasi. Data penelitian yang terkumpul kemudian dianalisis dengan menggunakan aplikasi SPSS, untuk menguji hipotesisi penelitian. Pengujian hipotesis penelitian menunjukkan bahwa: Berdasarkan hasil perhitungan terdapat Hubungan Keterampilan Guru Pendidikan Agama Islam dalam Pengelolaan Kelas dengan Prestasi Belajar Peserta Didik SMA Negeri 2 Pinrang sebesar 0,464 atau berada pada kategori sedang. Kata kunci: Pengelolaan Kelas, Prestasi Belajar Peserta Didik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Subhan Saleh
Date Deposited: 20 Mar 2019 23:11
Last Modified: 20 Mar 2019 23:11
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/530

Actions (login required)

View Item View Item