Academic Writing for University Students

Magdahalena, Magdahalena and Akil, Mansur and Atmowardoyo, Haryanto and Hamra, Arifuddin (2017) Academic Writing for University Students. Badan Penerbit Universitas Negeri Makassar, Makassar. ISBN 978-602-5554-43-8

[img]
Preview
Text (Fulltext)
Academic Writing.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (12MB) | Preview

Abstract

INDONESIA :

Buku yang berjudul Academic Writing adalah buku yang ditulis dalam rangka penyelesaian studi program doktor penulis di Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris Universitas Negeri Makassar. Buku ini merupakan buku teks dalam pengajaran mata kuliah Writing 2 di Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Parepare. Buku ini berisi panduan menulis esei bahasa Inggris yang dilengkapi dengan model esei yang membahas beragam topik seperti budaya, agama, pendidikan, bahasa, teknologi, masyarakat, dan kesehatan. Buku ini ditulis berdasarkan teori pembelajaran eksperiensial, sebuah teori yang memusatkan pembelajaran pada pengalaman peserta didik dan refleksi untuk mengetahui sejauh mana mahasiswa telah memahami materi yang diajarkan. Dalam buku ini, topik-topik yang dihadirkan dalam setiap unit adalah topik-topik yang dipilih sendiri oleh mahasiswa.

Pembelajaran menulis esei dibagi ke dalam empat tahap yaitu exposure, activation, internalization, dan dissemination. Pada tahap exposure, mahasiswa melakukan dua kegiatan yaitu kegiatan untuk mengaktifkan pengetahuan awal mereka dan menghubungkannya dengan pengetahuan baru yaitu materi yang akan diberikan dan kegiatan yang dilakukan untuk membantu mahasiswa mengumpulkan ide yang berhubungan dengan topik yang akan ditulis mahasiswa dengan menggunakan teknik-teknik prewriting seperti brainstorming, clustering, discussing, dan sebagainya. Pada tahap participation, mahasiswa diberikan input berupa penjelasan tentang setiap jenis esei beserta strukturnya, struktur kalimat yang perlu dikuasai mahasiswa, dan daftar kata-kata yang berhubungan dengan setiap subjek dalam setiap unit yang bisa digunakan oleh mahasiswa ketika menulis esei. Setelah itu mahasiswa melakukan refleksi dalam tahap internalization. Aktifitas dalam tahap ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui sejauh mana mereka telah memahami materi yang diberikan dan sejauh mana mereka terlibat dalam tugas dan aktifitas dalam tahap activation dengan cara menjawab beberapa pertanyaan atau memilih pernyataan yang cocok dengan kondisi mahasiswa. Mahasiswa dianjurkan untuk mengulangi kembali materi yang dianggap sulit dan belum dipahami. Setelah melakukan efleksi, mahasiswa masuk ke dalap tahap dissemination, yaitu tahap di mana mereka menerapkan ilmu yang telah mereka dapatkan di tahap participation dengan menulis esei berdasarkan ide-ide yang telah mereka kumpulkan di tahap prewriting. Di akhir pembelajaran, mahasiswa melakukan editing dan revising untuk memperbaiki teks mereka.

Dalam setiap tahap, mahasiswa dilibatkan dalam mengerjakan tugas dan aktifitas. Tugas dan aktifitas dalam buku ini dirancang untuk dilakukan oleh mahasiswa secara bersama-sama dan mereka belajar bersama melakukan tahap-tahap dalam proses menulis sebagaimana dikatakan oleh Knutson (2003) bahwa pembelajaran eksperensial di kelas bahasa asing menekankan pentinya penguasaan bahasa melalui “learning by doing” secara bersama-sama, tidak hanya mempelajar aspek-aspek bahasa tersebut secara terpisah, yang membuat pembelajaran bahasa menjadi tidak menarik bagi sebagian mahasiswa.

Model-model esei yang disajikan dalam buku ini berasal dari berbagai sumber seperti buku writing yang berkaitan dengan topik yang dibahas, internet, serta esei yang ditulis sendiri oleh penulis. Selain itu, buku ini juga dilengkapi dengan pembahasan mengenai struktur kalimat bahasa Inggris, kosa kata yang berhubungan dengan topik yang dibahas, struktur dari setiap jenis esei yang dibahas, serta “spelling rules”. Selain itu, simbol-simbol yang digunakan dalam proses editing naskah disertakan untuk membantu mahasiswa memperbaiki esei mereka. Buku ini juga dilengkapi dengan latihan-latihan yang dirancang agar mahasiswa mahir menulis setiap jenis esei tersebut. Gambar-gambar yang berhubungan dengan topik-topik di setiap unit juga ditampilkan untuk menarik perhatian mahasiswa.

Item Type: Book
Subjects: 20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2004 Linguistics > 200408 Linguistic Structures (incl. Grammar, Phonology, Lexicon, Semantics) > 20040803 Syntax and Grammar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Subhan Saleh
Date Deposited: 12 Mar 2019 21:07
Last Modified: 13 Mar 2019 17:39
URI: http://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/519

Actions (login required)

View Item View Item