Musliaty, Musliaty (2018) Pengaruh media pembelajaran visual Sejarah Kebudayaan Islam terhadap minat belajar kelas VIII Madrasah Tsanawiyah DDI Cilellang di Kabupaten Barru. Masters thesis, STAIN Parepare.

[thumbnail of Fulltext]
Preview
Text (Fulltext)
15.0211.045.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (6MB) | Preview

Abstract

INDONESIA : Tesis ini membahas tentang penggunaan media pembelajaran visual sejarah kebudayaan Islam terhadap minat belajar kelas VIII Madrasah Tsanawiyah DDI Cilellang di Kabupaten Barru dibandingkan tidak menggunakan media pembelajaran visual. Adapun tujuan umum dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan minat belajar SKI kelas VIII MTs DDI Cilellang melalui penggunaan media pembelajaran visual. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif yang dilaksanakan di MTs DDI Cilellang. Instrumen utama dalam penelitian ini adalah angket yang didukung oleh instrumen pedoman observasi dan format dokumentasi. Populasi penelitian berjumlah 30 orang. Sedangkan sampel berjumlah 30 orang. Teknik pengumpulan data yaitu obervasi, kuesioner/angket, dan dokumentasi. Teknik analisis data dengan editing, penskoran,dan analisis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran visual efektif dalam meningkatkan minat belajar SKI siswa kelas VIII MTs DDI Cilellang. hal tersebut dapat dilihat dari hasil analisis menunjukkan bahwa t tabel lebih kecil dari t hitung, maka Ha diterima yaitu (0,710 > 0,05). Dengan demikian hipotersis yang telah diajukan terbukti, yaitu penggunaan media pembelajaran visual sejarah kebudayaan Islam dapat meningkatkan minat belajar kelas VIII Madrasah Tsanawiyah DDI Cilellang di Kabupaten Barru.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Pascasarjana > Program Studi Magister Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Subhan Saleh
Date Deposited: 05 Feb 2019 19:28
Last Modified: 05 Feb 2019 19:28
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/516

Actions (login required)

View Item View Item