Iplementasi Operant Conditioning Unit kegiatan mahasiswa Pramuka Terhadap pembentukan karakter mahasiswa STAIN Parepare

Musdalifah, Musdalifah (2018) Iplementasi Operant Conditioning Unit kegiatan mahasiswa Pramuka Terhadap pembentukan karakter mahasiswa STAIN Parepare. Undergraduate thesis, STAIN Parepare.

[img]
Preview
Text (Fulltext)
13.3200.004.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (11MB) | Preview

Abstract

INDONESIA :

Skripsi ini membahas tentang bagaimana Implementasi operant conditioning Unit Kegiatan Mahasiswa STAIN Parepare. Oleh karena itu, hakekat dari Unit Kegiatan Mahasiswa adalah untuk membentuk karakter mahasiswa pramuka. Letak dari kepentingan pembentukan karakter adalah dengan mengimplementasi operant conditioning Unit Kegiatan Mahasiswa pramuka STAIN Parepare. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pola pelatihan unit kegiatan mahasiswa pramuka terhadap pembentukan karakter mahasiswa pramuka dan bagaimana implementasi operant conditioning pada unit kegiatan mahasiswa Pramuka STAIN Parepare.

Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif, dengan menggunakan pendekatan fenomenologi yaitu pendekatan disesuaikan dengan melihat kenyataan yang ada di lapangan dengan memperhatikan aturan dan ketentuan yang sesuai dengan pembinaan. Teknik yang digunakan yaitu teknik analisis data, Observasi, Wawancara dan Dokumentasi.

Unit Kegiatan Mahasiswa Pramuka STAIN Parepare ada dua jenis kegiatan. Yang pertama adalah kegiatan yang bersifat internal, dan yang kedua adalah kegiatan yang bersifat ekternal. Kegiatan yang bersifat internal yaitu kegiatan yang pesertanya melibatkan intra pramuka, kegiatan internal ini antara lain Tekpram, Scout day, Rapat rutin, Yasinan sholat berjamaah, dan kajian, Baksos, Perkemahan sabtu minggu, Scoubat, dan PKK. Sedangkan kegiatan eksternal yaitu kegiatan yang pesertanya melibatkan di luar dari anggota pramuka. Jenis kegiatan eksternal meliputi KEMAS (Kemah Masyarakat), dan FTC (Festival Tunas Kelapa COMPETITION).

Implementasi operant conditioning dalam Unit Kegiatan Mahasiswa Pramuka STAIN Parepare. Ada beberapa karakter yang terbentuk pada diri mahasiswa melalui pelatihan dengan pola pembiasaan atau operant conditioning. Karakter ini terbentuk melalui proses pelatihan dengan penciptaan kondisi yang berulang-ulang seperti dalam setiap kegiatan jika ada anggota UKM Pramuka yang melanggar maka akan diberikan sanksi atau hukuman, sehingga dapat memberikan kesadaran diri. Selain pemberian hukuman, dalam penciptaan kondisi pelatihan UKM selalu menjaga keakraban dalam setiap kegiatan, ada pengakuan dalam mengemukakan masalah maupun isi pikiran sehingga akan selalu ada kejujuran dalam menjaga keutuhan anggota dan pengurus. Sedangkan saat anggota pramuka tepat waktu dan dapat menyelesaikan tugasnya dengan baik maka diberikan reward atau pujian. Hal tersebut baik itu pemberian hukuman, pengakuan maupun reward akan membentuk konsep diri mahasiswa menjadi karakter yang rajin, disiplin, bertanggung jawab, kreatif, menjaga solidaritas dalam bekerja, silaturahim, dan mandiri.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Divisions: Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Program Studi Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: Subhan Saleh
Date Deposited: 22 Jan 2019 22:53
Last Modified: 22 Jan 2019 22:53
URI: http://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/502

Actions (login required)

View Item View Item