Pentingnya program bimbingan rohani islam terhadap pasien rumah sakit Umum Aisyiyah St. Khadijah Kabupaten Pinrang

Yanti, Nur (2017) Pentingnya program bimbingan rohani islam terhadap pasien rumah sakit Umum Aisyiyah St. Khadijah Kabupaten Pinrang. Undergraduate thesis, STAIN Parepare.

[img]
Preview
Text (Fulltext)
12.3200.010.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (9MB) | Preview

Abstract

INDONESIA :

Bimbingan rohani Islam adalah bimbingan yang ditujukan kepada pasien yang pada umumnya pasien tidak hanya menderita tentang penyakit fisik yang dialaminya melaingkan jauh di dalamya bahwa pasien juga membutuhkan pengobatan jiwa dimana berfungsi sebagai penguat, motivasi dan menembuhkan kesabaran pasien dalam menjalankan perawatan dan proses kesembuhannya. Bimbingan rohani Islam juga sebagai pelengkap ikhtiar dari pengobatan medis.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana program bimbingan rohani Islam itu dan bagaimana pelaksanaan program bimbingan rohani Islam. Penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif dengan penelitian lapangan dan teknik analisis observasi, Dokumentasi, dan Wawancara. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori Intervensi dan doa serta teori Psikoanalisa dimana kondisi batin, mental serta keperibadian dapat mempengarhi kesembuhan pasien.

Hasil penelitian ini menghasilkan bahwa program bimbingan rohani Islam yang ada di rumah sakit Aisyiyah St. Khadijah masih bersifat insidental yakni hanya jika pasien meminta, hanya pada kesempatan atau waktu tertentu saja belum mengarah kepada sistem periodik yang di mana sudah terjadwal dan terprogram akan tetapi tidak menutup kemungkinan kedepanya akan lebih baik dan terlaksana dengan sebagaimna mestinya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Divisions: Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Program Studi Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: Subhan Saleh
Date Deposited: 22 Jan 2019 22:28
Last Modified: 22 Jan 2019 22:28
URI: http://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/500

Actions (login required)

View Item View Item