Hubungan antara bimbingan rohani Islam terhadap pengamalan ibadah shalat wajib siswa kelas XI SMA Negeri 4 Parepare

Muarif, Achmad (2017) Hubungan antara bimbingan rohani Islam terhadap pengamalan ibadah shalat wajib siswa kelas XI SMA Negeri 4 Parepare. Undergraduate thesis, STAIN Parepare.

[img]
Preview
Text (Fulltext)
12.3200.008.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (9MB) | Preview

Abstract

Bimbingan adalah suatu proses pemberian bantuan yang terus menerus dan secara sistematis dari pembimbing kepada yang dibimbing agar tercapai kemandirian dalam pemahaman, penerimaan, pengarahan dan dapat menyesuaikan diri dengan lingkungan. Sedangkan kata rohani berdasarkan Kamus Besar Bahasa Indonesia adalah "ruh yang bertalian dengan tidak berbadan jasmani". Adapun kata Islam menurut istilah oleh Harun Nasution adalah agama Allah Swt yang di dalamnya terdapat ajaran-ajaran yang telah diwahyukan kepada para rasul-Nya. Jadi, yang dimaksud bimbingan rohani Islam adalah segala usaha dan tindakan yang mengarah kepada kegiatan dalam membentuk, memelihara serta meningkatkan penghayatan dan pengamalan nilai-nilai ajaran Allah Swt yang telah disampaikan melalui para rasul-Nya.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan (korelasi) antara Bimbingan Rohani Islam terhadap Pengamalan Ibadah Shalat Wajib Siswa Kelas XI SMA Negeri 4 Parepare. Penelitian ini adalah jenis penelitian asosiatif kuantitatif dengan desain penelitian kuantitatif korelasional. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif dan inferensial.

Hasil penelitian ini menunjukkan (1) Bimbingan Rohani Islam berada pada kategori rendah, yaitu 69.40%, yang dibuktikan dengan menganalisis hasil angket dari 119 responden. (2) Pengamalan Ibadah Shalat Wajib berada pada kategori sangat rendah, yaitu 58.70% yang dibuktikan dengan menganalisis hasil angket dari 119 responden. (3) terdapat Hubungan Bimbingan Rohani Islam terhadap Pengamalan Ibadah Shalat Wajib Siswa Kelas XI SMA Negeri 4 Parepare, yang dibuktikan melalui analisis data dari hasil angket dengan nilai signifikansi rxy = 0.988> rtabel = 0.195, besar hubungannya adalah 98% dalam arti bahwa 2% lainnya berhubungan dengan variabel lain yang tidak diamati dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Divisions: Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Program Studi Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: Subhan Saleh
Date Deposited: 22 Jan 2019 18:49
Last Modified: 04 Nov 2020 06:45
URI: http://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/498

Actions (login required)

View Item View Item