Korelasi kecerdasan Spiritua (spiritual quotient) dengan kemampuan pemecahan masalah (problem solving) pada mahasiswa jurusan Dakwah dan Komunikasi STAIN Parepare

Fajrul, Muhammad (2016) Korelasi kecerdasan Spiritua (spiritual quotient) dengan kemampuan pemecahan masalah (problem solving) pada mahasiswa jurusan Dakwah dan Komunikasi STAIN Parepare. Undergraduate thesis, STAIN Parepare.

[img]
Preview
Text (Fulltext)
12.3200.003.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (19MB) | Preview

Abstract

INDONESIA :

Kecerdasan spiritual merupakan kemampuan jiwa yang dimiliki sesorang untuk membangun dirinya secara utuh, misalnya seorang mahasiswa depresi karna orang tuanya bercerai untuk melalui persoalan hidup tersebut berbagai kegiatan positif dilakukannya sehingga mampu menyelesaikan berbagai persoalan dengan melihat makna yang terkandung didalamnya. Orang yang memiliki kecerdasan spiritual akan mampu menyelesaikan permasalahan yang dihadapinya dengan melihat permasalahan itu dari sisi positifnya sehingga permasalahan dapat diselesaikan dengan baik dan cenderung melihat suatu masalah dari maknanya.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui korelasi antara kecerdasan spiritual mahasiswa terhadap kemampuan pemecahan masalah pada mahasiswa Dakwah dan Komunikasi STAIN Parepare. Penelitian ini adalah jenis penelitian asosiatif kuantitatif dengan desain penelitian kuantitatif korelasional. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif dan inferensial.

Hasil penelitian ini menunjukkan (1) kecerdasan spiritual mahasiswa berada pada kategori sedang, yaitu 73.50%, yang dibuktikan dengan menganalisis hasil angket dari 100 responden. (2) kemampuan pemecahan masalah (problem solving) pada mahasiswa dakwah dan komunikasi STAIN Parepare berada pada kategori sedang, yaitu 74.20% yang dibuktikan dengan menganalisis hasil angket dari 100 responden. (3) terdapat korelasi antara kecerdasan spiritual mahasiswa dan kemampuan pemecahan masalah (problem solving) pada mahasiswa dakwah dan komunikasi STAIN Parepare, yang dibuktikan melalui analisis data dari hasil angket dengan nilai signifikansi rxy = 0.992> rtabel = 0.195, besar hubungannya adalah 98% dalam arti bahwa 2% lainnya berhubungan dengan variabel lain yang tidak diamati dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Divisions: Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Program Studi Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: Subhan Saleh
Date Deposited: 22 Jan 2019 16:51
Last Modified: 22 Jan 2019 16:51
URI: http://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/495

Actions (login required)

View Item View Item