Pengaruh penggunaan Smartphone terhadap keefektifan komunikasi antar pribadi mahasiswa Jurusan Dakwah Dan Komunikasi STAIN Parepare

Astuti, Widya (2017) Pengaruh penggunaan Smartphone terhadap keefektifan komunikasi antar pribadi mahasiswa Jurusan Dakwah Dan Komunikasi STAIN Parepare. Undergraduate thesis, STAIN Parepare.

[img]
Preview
Text (Fulltext)
13.3100.023.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (9MB) | Preview

Abstract

INDONESIA :

Penelitian ini berfokus pada tingkat penggunaan smartphone tinggi dan rendah, juga mengkaji komunikasi antarpribadi secara tatap muka selain komunikasi antarpribadi menggunakan aplikasi yang ada di smartphone. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidak ada pengaruh antara penggunaan smartphone terhadap keefektifan komunikasi antarpribadi mahasiswa Dakwah dan Komunikasi STAIN Parepare.

Jenis penelitian ini adalah penelitian asosiatif dengan pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket dengan teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Adapun teori yang digunakan yaitu teori komunikasi antarpribadi, determinisme teknologi dan teori aturan percakapan.

Hasil penelitian ini menunjukkan (1) 12 orang (24%) mahasiswa jurusan dakwah dan komunikasi adalah pengguna smartphone pasif dan 38 orang (76%) mahasiswa jurusan dakwah dan komunikasi adalah pengguna smartphone aktif. Untuk melihat yang mana lebih efektif maka penulis melakukan Uji T satu arah dengan hipotesis Ho = μ1 > μ2 dan H1 = μ1 < μ2 dan hasil uji tersebut komunikasi akan lebih efektif pada penggunaan smartphone rendah. (2) Hasil uji korelasi thitung = 2,167 > ttabel = 2,010 maka Ha diterima dan Ho ditolak, terdapat pengaruh yang lemah antara penggunaan smartphone terhadap keefektifan komunikasi antarpribadi mahasiswa jurusan dakwah dan komunikasi STAIN Parepare hal ini dikarenakan pada komunikasi antarpribadi interaksi yang terjadi menyangkut hal-hal atau topik yang serius, dan juga adanya sikap saling menghargai. Adapun koefisen determinasinya r2 = 0,305 = 0,093 hal ini berarti nilai rata-rata keefektifan komunikasi antarpribadi mahasiswa 9,3% ditentukan oleh pengguna smartphone dan 90,7% ditentukan oleh variabel lain diluar penelitian, dan tingkat hubungan antara variabel X dan Y berada pada kategori rendah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2001 Communication and Media Studies > 200101 Communication Studies
Divisions: Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Subhan Saleh
Date Deposited: 17 Jan 2019 17:33
Last Modified: 17 Jan 2019 17:33
URI: http://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/492

Actions (login required)

View Item View Item