Pengaruh program Kareba Wanuatta di MCTV Ajatappareng terhadap pembentukan opini publik kepemimpinan walikota Parepare

Baskar, Muhammad (2017) Pengaruh program Kareba Wanuatta di MCTV Ajatappareng terhadap pembentukan opini publik kepemimpinan walikota Parepare. Undergraduate thesis, STAIN Parepare.

[img]
Preview
Text (Fulltext)
12.3100.003.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (8MB) | Preview

Abstract

INDONESIA :

Proggram Kareba Wanuatta merupakan salah satu program berita media MCTV Ajatappareng. Tayang setiap hari dengan durasi jam tayang 30 menit setiap harinya, program berita tersebut tayang setiap jam 09.00 wita, jam 12.00 wita dan pukul 16.00 wita. Program Kareba Wanuatta menyajikan berita berita lokal baik yang berkaitan dengan wilayah Ajatappareng yang meliputi Parepare, Barru, Pinrang, Sidrap dan Enrekang maupun sekitarnya. Sebagai rangkuman berita selama sepekan, maka program Kareba Wanuatta menyajikan Kareba Wanuatta Sepekan yang tanyang 60 menit, khusus akhir pekan.

Penelitian ini bertujuan untuk megetahui tantang bagaimana pengaruh program Kareba Wanuatta di MCTV Ajatappareng terhadap pembentukan opini publik kepemimpinan walikota Parepare. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode penelitian survey. Dalam mengumpulkan data primer digunakan metode angket, wawancara dan observasi. Adapun teknik analisis datanya menggunakan Statistical Package for the Social Sciences (SPSS) dan analysis regresi linear sederhana dalam mencari hubungan korelasi antara (X) dan (Y).

Hasil Kajian menunjukkan bahwa, Minat masyarakat untuk mengikuti tayangan program Kareba Wanuatta cukup rendah dengan persentase 33%. Sedangakan pemberitaan program Kareba Wanautta lebih mendukung kebijakan pemerintah dengan persentase respon masyarakat yang menyatakan demikian 73%. Program Kareba Wanuatta mempunyai pengaruh positif terhadap pembentukan opini publik kepemimpinan walikota Parepare yang dilihat dari banyaknya persentase yang lebih dari 50% yang sifatnya jawaban positif yang merupakan alat ukur untuk menyatakan kuat atau tidaknya jawaban tersebut.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2001 Communication and Media Studies > 200101 Communication Studies
Divisions: Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Subhan Saleh
Date Deposited: 15 Jan 2019 19:33
Last Modified: 15 Jan 2019 19:33
URI: http://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/488

Actions (login required)

View Item View Item