Dampak gangguan kecemasan berkomunikasi terhadap prestasi akademik mahasiswa Jurusan Dakwah dan Komunikasi STAIN Parepare

Nurhaeni, Nurhaeni (2016) Dampak gangguan kecemasan berkomunikasi terhadap prestasi akademik mahasiswa Jurusan Dakwah dan Komunikasi STAIN Parepare. Undergraduate thesis, IAIN Parepare.

[img]
Preview
Text (Fulltext)
11.3100.001.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (7MB) | Preview

Abstract

INDONESIA :

Manusia merupakan makhluk sosial yang selalu berinteraksi serta membutuhkan orang lain dalam kehidupannya. Sebagai makhluk sosial, manusia hanya bisa berkembang dan bertahan hidup melalui kerja sama dengan orang lain. Oleh kerena itu, diperlukan kecakapan dan kemampuan untuk dapat bergaul dan diterimah dengan baik di lingkungannya tempat mereka berada.

Hal ini dapat di pengaruhi oleh beberapa faktor, diantaranya adalah kecemasan komunikasi dan konsep diri yang dimiliki. Kecemasan komunikasi atau communication apprehension sering menjadi kendala utama bagi individu dalam sebuah interaksi. Kecemasan dalam berkomunikasi dapat diartikan sebagai rasa cemas yang di alami individu ketika harus berintaraksi dan berkomunikasi dengan orang lain. Individu yang mengalami kecemasan berkomunikasi cenderung untuk menarik diri dari pergaulan dan berusaha sedikit mungkn untuk terlibat dalam interaksi dengan orang lain.

Teori yang digunakan adalah teori Manajemen Ketidakpastian dan Kecemasan adalah sebab-sebab mendasar dari kegagalan komunikasi, teori ini mengarahkan kita untuk berkomunikasi efektif. Teori psikologi analisa adalah suatu gagasan mental berasosiasi dengan hal tersebut dan energi akan tetap tersimpan dalam fikiran. dan Teori perilaku adalah suatu kegiatan atau aktivitas organisme yang bersangkutan, yang dapat di amati secara langsung maupun tidak langsung. Secara umum perilaku adalah suatu proses interksi individu dengan lingkungannya.

Jenis penelitian yang digunakan dalam skripsi ini adalah metode deskriptif kualitatif, data dalam penelitian ini diperoleh dari data primer dan data sekunder. Teknik pengambilan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa:1) Dampak dari gangguan kecemasan dalam berkomunikasi karena adanya sikap malu dan kurang percaya diri, pada saat ingin menyapaikan pesan di depan umum akan terasa lebih kaku. 2) dan cara memotivasi diri hanya karena adanya dorongan dari diri sendiri dan membutuhkan bantuan orang lain atau teman dekat. Faktor- faktor kecemasan dalam berkmunikasi adalah kurang percaya diri dan takut salah, kurang memahami perkataan dosen, di abaikan, malu, perasaan ragu, dan merasa bodoh atau kurang pintar.

Tingkat kecemasan yang dialami oleh mahasiswa adalah tingkat kecemasan ringan, tingkat kecemasan sedang dan tingkat kecemasan berat

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2001 Communication and Media Studies > 200101 Communication Studies
Divisions: Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Subhan Saleh
Date Deposited: 14 Jan 2019 22:04
Last Modified: 14 Jan 2019 22:04
URI: http://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/485

Actions (login required)

View Item View Item