Asia, Nur (2023) Pengaruh Word of mouth (WOM) terhadap Keputusan Pembelian Bagi Konsumen Alfamart di Lembang Kabupaten Pinrang. Undergraduate thesis, IAIN PAREPARE.

[thumbnail of full text] Text (full text)
18.2400.106.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (5MB)

Abstract

Word of mouth (WOM) atau komunikasi dari mulut ke mulut adalah suatu proses membicarakan, memperkenalkan, atau mempromosikan mengenai suatu produk kepada orang lain. Namun, terkadang terjadi ketidaksesuaian informasi yang didapatkan dengan yang diinginkan konsumen sehingga konsumen pada akhirnya tidak jadi melakukan keputusan dalam membeli produk. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah Komunikasi Word of mouth (WOM) berpengaruh dan memiliki hubungan yang positif serta signifikan terhadap keputusan konsumen dalam membeli di Alfamart Lembang Kabupaten Pinrang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan dalam mengumpulkan data menggunakan kuesioner atau angket yang dibagikan kepada konsumen Alfamart Lembang Kabupaten Pinrang. Adapun teknik analisis data yang digunakan yaitu Uji One Sample T-test, Uji Korelasi Pearson Product Moment, Uji Regresi Linear Sederhana dan Uji Koefisien Determinasi (R2). Hasil dari penelitian ini menyimpulkan: Pertama, Uji One Sample T-test seberapa baik Word of mouth (WOM) konsumen diperoleh nilai sebesar 71,6%. Kedua, Uji One Sample T-test seberapa baik Keputusan konsumen dalam membeli diperoleh nilai sebesar 74,5%. Ketiga, Uji Korelasi Pearson Product Moment diperoleh nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05 sehingga dapat disimpulkan bahwa kedua variabel memiliki hubungan (berkorelasi) dan nilai Pearson Correlation sebesar 0,530 artinya bahwa hubungan antara variabel word of mouth (WOM) dengan variabel keputusan konsumen dalam membeli memiliki hubungan yang Sedang. Keempat, Uji Regresi Linear Sederhana diperoleh koefisien regresi sebesar 0,941 artinya bahwa setiap penambahan 1% Word of mouth (WOM), maka keputusan pembelian (Y) akan meningkat 0,941. Uji koefisien determinasi (R2) diperoleh nilai sebesar 0,281 yang berarti bahwa pengaruh variabel bebas (Keputusan Pembelian) terhadap variabel terikat (word of mouth) adalah sebesar 28,1% sedangkan sisanya yakni 71,9% dipengaruhi oleh variabel lain diluar penelitian ini.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Word of mouth (WOM), Keputusan Pembelian
Subjects: 14 ECONOMICS > 1401 Economic Theory > 140199 Economic Theory not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Ekonomi Syariah
Depositing User: azaliya azaliya naim
Date Deposited: 27 Feb 2023 01:40
Last Modified: 27 Feb 2023 01:40
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/4737

Actions (login required)

View Item View Item