Kadir, Wafiq Azizah (2022) Optimalisasi Hasil Belajar IPA Peserta Didik Melalui Strategi Pembelajaran Actiive Learning Tipe True Or False Di Kelas VIII SMPN 1 Dua Pitue Kabupaten Sidenreng Rappang. Undergraduate thesis, IAIN Parepare.

[thumbnail of full text] Text (full text)
18.84206.028.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (5MB)

Abstract

Aktivitas belajar peserta didik pada mata pelajaran IPA kelas VIII A SMPN 1 Dua Pitue Kabupaten Sidenreng Rappang masih rendah atau masih dibawah. Hal ini disebabkan banyak faktor, di antaranya proses belajar yang kurang baik. maka dari itu mesti adanya kemajuan saat proses belajar mengajar saintifik, antara lain adalah penggunaan strategi pembelajaran active learning benar atau salah (true or false). Penelitian ini memiliki tujuan agar dapat meningkatkan prestasi dalam hal menuntut ilmu dalam mata pelajaran IPA kelas VIII A SMPN 1 Dua Pitue Kabupaten Sidenreng Rappang. Peneliti menggunakan Penelitian Tindakan Kelas dari model Kemmis & MC Taggart. Survei dilakukan pada peserta didik pada kelas VIII A SMPN 1 Dua Pitue Kabupaten Sidenreng Rappang yang memiliki keseluruhan 26 peserta didik. Penelitian ini dilaksanakan selama 2 siklus, siklus I sebanyak 2 sesi dan siklus II sebanyak 2 sesi. Akumulasi data menggunakan teknik observasi, dokumentasi dan hasil tes. teknik analisis data yang dipakai adalah metode kualitatif, yaitu merangkum hasil penelitian dan mendeskripsikan melalui observasi. Hasil Penelitian ini membuktikan bahwa Pelaksanaan Strategi pembelajaran Acitve Learning Tipe “True” Or “False” dalam penerimaan materi IPA dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar peserta didik. Hal tersebut dapat dibuktikan dengan hasil observasi aktivitas pembelajaran dan hasil belajar peserta didik. pada siklus I Aktivitas pembelajaran ditemukan sebanyak 64,12%, sedangkan pada siklus II terjadi penambahan sebanyak 84,23%. Antara siklus I dan Siklus II terjadi peningkatan sebanyak 8,23%. begitupun dengan hasil belajar peserta didik pada siklus I diperoleh hanya 43,47% peserta didik yang dinyatakan lulus dan 56,52% peserta didik yang dinyatakan tidak lulus, sedangkan pada siklus II diperoleh 86,95% dinyatakan lulus dan 13,04% dinyatakan tidak lulus. hal ini terjadi peningkatan dari siklus I Siklus II dari segi aktivitas atau kegiatan belajar dan hasil belajar peserta didik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Hasil belajar, Pembelajaran IPA, Active Learning True Or False
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Tadris IPA
Depositing User: azaliya shely naim
Date Deposited: 26 Jan 2023 07:51
Last Modified: 26 Jan 2023 07:51
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/4699

Actions (login required)

View Item View Item